TNI AL Berhasil Evakuasi Awak Kapal KM. Sumber Kharisma Yang Tenggelam di Aceh

Spread the love

Jalesveva Jayamahe

Jurnalline.com, Jakarta – Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) melalui Pos TNI AL (Posal) Idi Rayeuk Lanal Lhokseumawe, bersama nelayan setempat berhasil evakuasi awak KM. Sumber Kharisma asal Gabion Belawan, Medan, Sumatera Utara yang alami kecelakaan dan tenggelam disekitar perairan Aceh Timur. Minggu, (27/02).

Kejadian bermula ketika KM. Sumber Kharisma pada Minggu dini hari pukul 05.00 WIB KM. Sumber Kharisma yang sedang lego jangkar di Perairan Ujung Peureulak sekitar 16 Nmi dari daratan, ditabrak oleh Kapal sejenis Tanker yang bergerak dari timur ke barat. Kejadian tersebut mengakibatkan bagian belakang KM. Sumber Kharisma mengalami retak dan bocor sehingga air mulai masuk ke kapal. Selanjutnya pukul 05.10 WIB KM. Sumber Kharisma berusaha menghidupkan mesin kapal dan bergerak menuju arah daratan terdekat dengan Kecepatan 7 Knot.

Sekitar pukul 12.00 WIB kapal tidak bisa bergerak lagi karena mesin mati, kapal terapung-apung dan tidak lama kemudian kapal mulai tenggelam sekitar 3 NMi dari daratan Idi Rayeuk. Salah satu kapal nelayan milik bapak Hasbi yang kebetulan melintas, menolong sembilan awak kapal yang sebelumnya melompat ke laut untuk menyelamatkan diri.

Sesaat setelah mendapat laporan dari masyarakat nelayan setempat, Komandan Lanal (Danlanal) Lhokseumawe Kolonel Marinir Dian Suryansyah segera memerintahkan Danposal Idi Rayeuk Aceh Timur untuk melaksanakan upaya Search And Rescue (SAR) terhadap awak KM. Sumber Kharisma yang mengalami Kecelakaan diperairan Aceh Timur tersebut.

Danposal Idi Rayeuk Letda Laut (E) Mustamin langsung merespon perintah Danlanal dan mempersiapkan pelaksanaan SAR. Danposal berkoordinasi dengan nelayan setempat untuk membantu pelaksanaan penyelamatan dan evakuasi para awak KM. Sumber Kharisma yang tenggelam. Cuaca pada saat itu cukup ekstrim, kecepatan angin mencapai 25 Knot dan gelombang laut setinggi 3 Meter.

Pada pukul 19.00 WIB Danposal beserta dua personel Posal Idi Rayeuk dan dua orang nelayan menggunakan kapal milik nelayan (GT 5) segera menuju posisi sembilan awak KM. Sumber Kharisma yang sebelumnya berhasil diselamatkan oleh nelayan Idi Rayeuk, Bapak Hasbi. Setelah bertemu dengan kapal nelayan bapak Hasbi, Tim Posal Idi Rayeuk langsung mengevakuasi para awak KM. Sumber Kharisma ke kapal (GT 5). Pukul 21.30 WIB, seluruh awak KM. Sumber Kharisma kemudian dievakuasi menuju ke Posal Idi Rayeuk, Aceh Timur.

Langkah cepat dalam penyelamatan terhadap awak KM. Sumber Kharisma yang dilakukan oleh prajurit Lanal Lhokseumawe merupakan salah satu implementasi pelaksanaan Perintah Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono yaitu memaksimalkan personel maupun Alutsista TNI AL dalam upaya misi kemanusiaan.

Sembilan awak KM. Sumber Kharisma yang berhasil selamat yakni Maraluddin Nasution 51 thn (Nahkoda), Likik 48 thn (Masinis), Ridwan Nasution 32 thn, Parluhutan Harahap 24 thn, Sumarsono 62 thn, Andi Bramuli Saragi 23 thn, Hotmauli Nababan 36 thn, Kusmayadi 38 thn dan Deni Saputra 28 thn. Nahkoda dan Seluruh ABK KM. Sumber Kharismah merupakan warga Gabion Belawan, Medan, Sumatera Utara.

Fram
Editor : Ndre
Sumber : Dinas Penerangan Angkatan Laut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.