Sisca Maseo Dorong Pemdes Tingkatkan Partisipatif Indeks Pembangunan Desa

Spread the love

Jurnalline.com, MINAHASA – Bertempat di Kantor desa Tumaratas dua dan kediaman Hukum Tua desa Tumaratas kec.Langowan barat, selasa (12/4/2022) dilaksanakan penilaian
Perlombaan Desa Tingkat Kecamatan Ta.2022.

Penilaian lomba di desa Tumaratas Dua Desa Mandiri Kec.Langowan Barat Kab.Minahasa, langsung oleh Sekretaris kecamatan Langowan Barat Stenly Kawatu, dan Hukum Tua desa Tumaratas dua kecamatan Langowan barat Rocky Woran, SE.

Adapun salah satu point Kriteria penilaian pada lomba desa diantaranya tentang kebersihan dan keindahan apotik hidup dan kebersihan lingkungan , juga administrasi didesa.

Sementara itu Camat Langowan Barat Ir Sisca Maseo menyampaikan terkait hal penilaian Lomba desa yang setiap tahun digelar ini acuannya sesuai permendagri yang ada.

Kilas Indeks pembangunan desa yang merupakan gambaran tingkat kemajuan desa diwilayah kecamatan Langowan Barat, rata rata suda dilevel desa Berkembang dilihat dari indikator pembangunan desa yang merupakan indeks komposit berdasarkan tiga indeks, yaitu indeks ketahanan sosial, indeks ketahanan ekonomi dan indeks ketahanan ekologi atau lingkungan.

“Tujuan Indeks Desa Membangun (IDM) digunakan pemerintah sebagai alat untuk mengukur status perkembangan suatu desa, sehingga rekomendasi kebijakan yang diperlukan akan lebih tepat sasaran.” Tukas Camat sisca

Adapun saat ini diketahui
Desa Tumaratas suda dilevel desa mandiri hal ini juga karena ddnya setiap tahun sekitar 1.2M. Karenanya atas nama Pemerintah
Berharap tingkat perkembangan desa dan tingkat partisipasi akan perkembangan masyarakat desa agar terus dibangun.

“Peran para perangkat desa kepala daerah bersama masyarakat dalam mendukung akan tingkat perkembangan yang ada didesa. Sangat dibutuhkan dalam membangun desa tumaratas semakin baik kedepannya.” Tandas Camat Sisca dikediaman Hukum tua desa Tumaratas grace woran.

Menambahkan terkait Pilkades dikecamatan Langowan barat agar perangkat desa untuk tidak menjadi ts salah satu calon. Dirinya mengimbau agar warga tetap berada dalam persatuan dan kesatuan dalam kebersamaan, apalagi dimasa menghayati minggu sengsara Jumat agung dan Paskah.

Terpisah Hukum Tua Rocky Wowor, kepada wartawan menyampaikan untuk tahun tahun yang akan datang Perkembangan desa akan semakin maju dan berprestasi kedepannya di tingkat kecamatan maupun ditingkat kabupaten.minahasa.

Turut hadir tim penilai kecamatan, pendamping desa, para perangkat desa Hukum tua dan jajaran.

Penulis : IskandarEffendy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.