Wakasal: Alih Golongan Dari Bintara Menjadi Perwira Adalah Kehormatan Dari Pimpinan TNI AL

Spread the love

Jalesveva Jayamahe

Jurnalline.com, Jakarta – Seleksi calon perwira yang dilaksanakan di Kodiklatal saat ini merupakan bentuk pemberian penghargaan sekaligus kehormatan dari pemimpin TNI AL kepada para Bintara Tinggi TNI AL untuk mengubah status atau alih golongan dari seorang Bintara menjadi Perwira.

Hal tersebut disampaikan Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono saat memberikan motivasi kepada ratusan Calon Siswa (Casis) Diktukpa, seusai memimpin sidang Pantukhir Pendidikan Pembentukan Perwira (Diktukpa) Angkatan LII bertempat di Lapangan Laut Maluku, Mako Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Kodiklatal) Bumimoro, Surabaya, Jumat (1/4).

Menurut Wakasal, seleksi penerimaan calon perwira ini adalah dalam rangka memenuhi kebutuhan perwira di dalam organisasi TNI AL dan TNI AL membutuhkan pemimpin-pemimpin yang berasal dari golongan Bintara. Sedangkan kehadiran para peserta datang mengikuti seleksi Diktukpa merupakan suatu bentuk kewajiban dalam rangka untuk memenuhi kebutuhan organisasi TNI AL tempatnya bekerja.

Laksdya TNI Ahmadi Heri Purwono juga mengungkapkan perubahan status dari seorang Bintara menjadi Perwira merupakan keinginan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono sebagai pemimpin TNI AL memberikan reward kepada para prajuritnya yang sudah lama berdinas supaya bisa merubah status menjadi seorang Perwira. “Pemimpin TNI AL memberikan reward kepada kalian dan kepada seluruh prajurit yang sudah sekian lama berdinas untuk mengubah status menjadi seorang Perwira,” ungkapnya.

Seleksi Diktukpa LII T.A. 2022 ini diikuti sebanyak 366 peserta, yang lulus 363 dan tidak lulus 3 orang, dengan perincian peserta prajurit pria 320 orang dan wanita 23 orang. Sementara itu, berdasarkan korps terdiri dari, Pelaut 62 orang, Teknik 36 orang, Elektronika 26 orang, Suplai 72 orang, Marinir 73 orang, Kesehatan 29 orang, Khusus 36 orang dan Pomal 29 orang.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Aspers Kasal Laksamana Muda TNI Irwan Achmadi, Wadan Kodiklatal Laksamana Muda TNI Agus Hariadi, Kadisdikal, Para Direktur dan Komandan Kodik Kodiklatal, Danpuskopaska, Danpasmar 2 serta Kalapetal.

Fram
Editor : Ndre
Sumber : Dinas Penerangan Angkatan Laut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.