Hadapi Ancaman Non-Konvensional, Koarmada III Laksanakan Uji Gladi Tugas Tempur di Perairan Laut Sorong

Spread the love

Jurnalline.com, TNI AL/Koarmada III – Dalam rangka memelihara, meningkatkan kemampuan dan ketrampilan, Koarmada III melaksanakan kegiatan Uji terampil Glagaspur Kapal Tingkat I/II (L1L2) KRI Layaran-854 dan KRI Madidihang-855 di Dermaga Lantamal XIV Sorong dan Perairan Sorong, Sabtu (14/05/22)

Uji terampil Glagaspur Kapal Tingkat I/II (L1L2) tersebut dilaksanakan oleh Komando Latihan (Kolat) Komando Armada III terhadap unsur-unsur Kapal Perang RI jajaran Koarmada III dengan tujuan untuk meningkatkan profesionalisme prajurit dan kesiapan operasi Alutsista jajaran Koarmada III. Upaya tersebut antara lain penyelenggaraan Gladi Tugas Tempur “L1-L2” unsur-unsur KRI jajaran Koarmada III.

Dikatakan Pgs Dankolat Koarmada III Letkol Laut (P) Tubagus Budi Wachyudi S IP M AP CTMP yang memimpin pelaksanaan Gladi Tugas Tempur tersebut, bahwa pelaksanaan dan penilaian Glagaspur L1-L2 ini sesuai perintah Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) III, Laksamana Muda TNI Irvansyah, S.H., CHRMP., M.Tr. Opsla., agar selalu menjaga dan meningkatkan profesionalisme prajurit dengan melaksanakan berbagai latihan tempur. Pelaksanaan latihan agar disiplin menerapkan protokol kesehatan karena masih adanya pandemi Covid-19.

Adapun materi latihan yang dilaksanakan di Dermaga LantamalXIV dimulai dengan Pembukaan, Paparan Komandan KRI, Pelaksanaan Uji Tulis, Pengecekan Software Hardware, Latihan Peran dan Drill Kering Pos Tempur Serta latihan Bongkar Pasang Senjata.

Sedangkan Latihan di Perairan Sorong dengan materi melaksanakan peran pemanduan, melaksanakan latihan peran-peran diantaranya : Peran melewati medan Ranjau, Peran Cuaca Buruk, Peran orang jatuh di laut (MOB), Peran Kemudi Darurat, Peran Jangkar, Peran Pemeriksaan dan Penggeledahan, Peran jaga perang, Peran tempur, Peran Kebakaran, Peran Kebocoran, Peran Peninggalan, dan Peran Penghancuran.

Latihan Glagaspur yang dilaksanakan ini merupakan salah satu program prioritas Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono dalam pembangunan SDM TNI Angkatan Laut yang unggul, serta meningkatkan kemampuan TNI Angkatan Laut dalam menghadapi ancaman bersifat non-konvensional,

Fram
Sumber : Kadispen Koarmada III

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.