Taruna AAL Tingkat III Laksanakan Latek Selam Dasar

Spread the love

Jurnalline.com, AAL, Surabaya –Untuk membekali diri sebagai prajurit matra laut yang profesional, sebanyak 112 orang Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) Tingkat lll Angkatan ke-68 tengah di gembleng kemampuan bawah airnya dengan melaksanakan Latihan Praktek (Lattek) Selam Dasar.

Hal tersebut dikatakan Kepala Departemen Jasmani (Kadepjas) AAL Kolonel Laut (KH) Slamet Basuki, mewakili Gubernur AAL, Laksda TNI Denih Hendrata saat membuka pelaksanaan Selam Dasar, di Kolam Renang Jala Krida Tirta, Bumimoro, Surabaya, Senin (23/5).

Menurut Kadepjas AAL, pelaksanaan Lattek Selam Dasar bagi Taruna Tingkat lll kali ini, dibagi di empat tempat, yakni di Kolam Renang Jala Krida Tirta AAL, Seselam Kodikopsla, Dislambair Koarmada II dan di Kombasin Koarmada ll, Ujung, Surabaya,

Latihan Praktek Selam Dasar dilakukan secara bergilir, untuk gelombang pertama saat ini tanggal 23 hingga 27 Mei 2022 diikuti Taruna Korps Teknik dan Marinir, sedangkan Taruna Korps Pelaut, Elektronika dan Korps Suplai giliran gelombang dua pada tanggal 30 Mei hingga 3 Juni mendatang.

Sebelum praktek, mereka juga diberikan pelajaran teori tentang pengetahuan Scuba, pengetahuan kesehatan penyelaman, renang, water trappen, Apnea, praktek menyelam dengan alat selam Scuba, cara turun ke air, bongkar pasang alat selam, praktek menyelam di diving tank dan praktek menyelam di laut.

“Selama latihan para Taruna didampingi instruktur selam dari Sekolah Selam (Seselam) Kodikopsla dan mereka juga melaksanakan penyelaman di laut secara mandiri untuk mengambil Brevet Selam,” terang Kadepjas.

Sementara itu menurut Palaklat Letkol Laut (KH) Jifri E Tanod, tujuan latihan selam dasar bagi Taruna adalah memberikan bekal kemampuan selam dasar bagi mereka sehingga dapat membantu dalam penugasan di masa mendatang. Dengan mengikuti latihan ini diharapkan para Taruna mampu melaksanakan penyelaman dengan cara yang benar.

Lattek selam dasar ini secara teori dilaksanakan di kelas AAL, sedangkan untuk praktek lapangan dilaksanakan di Kolam Renang AAL Jala Krida Tirta dan di Diving Tank Dinas Penyelamatan Bawah Air (Dislambair) Koarmada II serta di Kolam Basin Koarmada II untuk pelatihan scuba-nya.

Fram

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.