Cegah HIV/AIDS, Lantamal XI Laksanakan Sosialisasi Kepada Seluruh Personil

Spread the love

Jurnalline.com, Merauke – Bertempat di Gedung Balai Prajurit (Bapra) Frans Kaisepo Mako Lantamal XI Merauke telah dilaksanakan Penyuluhan Kesehatan tentang bahaya HIV/AIDS oleh Diskes Lantamal XI Merauke kepada Personil Lantamal XI, Yonmarhanlan XI dan PNS Lantamal XI, Rabu (22/06).

Dalam kegiatan tersebut, Narasumber yaitu Kaur Kessum Subbag Penyakit Dalam Rumkital Merauke Kapten Laut (K) dr. I Putu Oka Yudaswara Pande, Sp.PD dalam kesempatan tersebut menyampaikan pengetahuan dasar mengenai HIV-AIDS (Human Immunodeficiency Virus – Aquired Immune Deficiency Syndrome yang meliputi faktor penyebab, gejala, penularan dan pencegahan serta dampak sosial di masyarakat. HIV-AIDS menjadi masalah global karena sifat penularannya yang sangat cepat, sehingga dalam waktu yang relatif singkat telah menjangkiti hampir ke seluruh belahan dunia. HIV dapat menginfeksi siapa saja tanpa memandang umur, jenis kelamin, suku, agama, pekerjaaan, tingkat pendidikan maupun status sosial.

“HIV/AIDS, HIV (human immunodeficiency virus) adalah virus yang merusak sistem kekebalan tubuh, dengan menginfeksi dan menghancurkan sel CD4 atau sel T. Semakin banyak sel CD4 yang dihancurkan, kekebalan tubuh akan semakin lemah, sehingga rentan diserang berbagai penyakit. AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome) adalah stadium akhir dari infeksi virus HIV. Pada tahap ini, kemampuan tubuh untuk melawan infeksi sudah hilang sepenuhnya. Sampai saat ini belum ada obat untuk menangani HIV dan AIDS”. Ungkapnya.

Lebih lanjut Narasumber menyampaikan “Akan tetapi, ada obat untuk memperlambat perkembangan penyakit tersebut (menghentikan enzim integrase virus HIV yg digunakan untuk menginfeksi sel T) sehingga dapat meningkatkan harapan hidup penderita. Yaitu golongan obat Anti Retroviral (ARV) antara lain Integrase Strand Transfer Inhibitory (INSTIs), Nucleotide Reverse Transcriptase Inhibitors (NRTI), adapun cara penularan melalui kontak seksual, dari seorang ibu dengan HIV kepada bayinya (sebelum atau selama kelahiran) dan saat menyusui, jarum suntik yang bergantian, dan adanya kontak darah penderita HIV” Tambahnya.

Sementara itu Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) XI Merauke, Brigjen TNI (Mar) Gatot Mardiyono, S.H ditempat terpisah menyampaikan “Kegiatan ini dilaksanakan agar para prajurit dan keluarga mematuhi aturan yang sudah ditentukan oleh dinas serta selalu menjaga diri dan anggota keluarganya agar menghindari dari tindakan yang memicu timbulnya HIV /AIDS”. Kata Danlantamal XI.

Dipenghujung acara Kadiskes Lantamal XI Merauke Mayor Laut (K) Unsyura D. Budaya, S.Si., Apt., M. Farm menghimbau kepada seluruh Prajurit, PNS dan keluarga agar senantiasa menerapkan pola hidup sehat, setia kepada pasangan, melaksanakan pembinaan mental-spiritual dan mempertebal keimanan serta selalu waspada dan peduli terhadap lingkungan sekitar sebagai pencegahan dini terhadap penyebaran HIV-AIDS dilingkungan keluarga dan masyarakat.

Kegiatan penyuluhan HIV/AIDS di Lantamal XI selaras dengan Perintah Harian Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono “Jaga kepercayaan negara dan rakyat kepada TNI Angkatan Laut melalui kerja nyata yang bermanfaat bagi institusi, masyarakat, bangsa dan negara”.

Fram
Sumber : Dispen Lantamal XI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.