Penyuluhan Bintal Kostrad kepada Prajurit dan Persit Yonif MR 413 Kostrad

Spread the love

Jurnalline.com, Jakarta – Bintal Kostrad memberikan penyuluhan pembinaan mental kepada personel militer dan persit Yonif Mekanis Raider 413/Bremoro/6/2 Kostrad, Sukoharjo. Kamis (09/06/2022).

Yonif MR 413/Bremoro/6/2 Kostrad menjadi satuan keenam dari enam satuan yang diberikan penyuluhan, dalam pelaksanaan program kerja dan anggaran TA 2022 Bintal Kostrad di triwulan kedua. Tim penyuluh yang terdiri dari personel Bintal Kostrad dan pendamping dari entitas pelayanan religi eksternal melakukan penyuluhan secara marathon.

Penyuluhan diawali oleh Wakabintal, Letkol Caj (K) Dr. Dra. Gaudensia Diana KF, S.H., M.Hum., M.Si. dengan menyuluhkan poin bintal umum yang meliputi : 1. Peningkatan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan YME; 2. Pemantapan nasionalisme; 3. Penumbuhan militansi. Poin umum dalam penyuluhan tersebut telah mencakup seluruh komponen pembinaan mental yakni mental rohani, mental ideologi, dan mental kejuangan. Acara kemudian dilanjutkan oleh pembinaan kerohanian oleh penyuluh tiap agama.

Dalam kerangka pelaksanaan tugas dan dinamika yang dihadirkan, personel militer dan keluarganya sangat penting mendapatkan pembinaan mental, untuk menjamin seluruh tugas pengabdian dapat dilaksanakan sebaik-baiknya. Hal tersebut selaras dengan penyampaian sambutan wakil komandan batalyon, Mayor Inf Hervin Rahadian Jannat, yang berkesempatan hadir bersama 150 orang personel militer dan 100 orang anggota Persit.

Dalam sambutan Wadanyon yang mewakili Danyon, menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya dan berterima kasih atas penyuluhan yang diberikan. Diyakini bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat bagi personel dan keluarga. Danyon dan staf sangat concern dengan prajurit dan keluarganya. Hal ini ditampakkan pada saat beberapa waktu lalu terdapat salah seorang anggota persit yang meninggal dunia.

Sebagai pemimpin organisasi, komandan batalyon memperlihatkan kepedulian yang intens atas musibah yang dialami oleh anak buahnya dengan berempati memberikan bantuan moril, materiil dan berbagai dukungan yang diperlukan. Hal ini selaras dengan konsep pembinaan mental dalam organisasi TNI dimana titik berat pembinaan adalah prajurit beserta keluarganya.

Tentu termasuk pula PNS TNI AD beserta keluarganya.
“Saya berterima kasih dan berbangga terhadap unsur pimpinan dan seluruh warga Yonif MR 413/Bremoro yang telah berupaya optimal membangun komunikasi  internal untuk mengoptimalkan pelaksanaan tugas pokok satuan. Ini termasuk salah satu indikator ke arah baiknya kualitas mental personel dan keluarganya. Saya berharap budaya positif konstruktif ini dapat terus dilestarikan”, tekan Wakabintal Kostrad.

Lebih lanjut Wakabintal juga mengapresiasi dan salut atas keberhasilan Yonif MR 413/Bremoro/6/2 Kostrad pada saat bertugas sebagai pasukan Pamtas RI di Papua dalam tahun 2020-2021 yang lalu. “Semoga keberhasilan tugas ini terus berlanjut dan menginspirasi seluruh prajurit untuk memberikan yang terbaik, tulus dan ikhlas,” demikian harapan Wakabintal.

Alex
Sumber : Penkostrad

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.