SMP Hang Tuah -5 Laksanakan Purnawiyata di Gedung Serbaguna Rohmatul Ummah An Nahdliyah Sidoarjo

Spread the love

Jurnalline.com, Surabaya – SMP Hang Tuah-5 Candi Sidoarjo, Kamis (16/06/22) melaksanakan Purnawiyata kepada 219 siswanya yang berlangsung di Gedung Serbaguna Rohmatul Ummah An Nahdliyah Sidoarjo. Purnawiyata merupakan simbul dari berakhirnya pendidikan bagi siswa-siswi tersebut berlangsung secara hikmat di pimpin langsung oleh Kepala SMP Hang Tuah -5 Candi Sidoarjo Sumiyati, S.Pd, dihadiri seluruh siswa beserta orang tua masing-masing dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan covid-19 .

Prosesi Purnawiyata SMP Hang Tuah -5 diawali dengan penampilan Tari Saropa dari Sidoarjo Jawa Timur yang menggabarkan kegigihan seorang tokoh asal Kabupaten Sidoarjo untuk mengusir penjajah Belanda waktu itu. Dengan di tampilkn tari ini manajemen sekolah SMP Hang Tuah-5 mengharapkan para siswa yang hari ini melaksanakan Purnawiyata akan dapat melanjutkan perjuangan dengan gigih dalam meraih cita-citanya.

Kepala Sekolah Sumiyati,S.Pd memimpin prosesi purnawiyata / memasuki ruangan beserta 7 wali kelas IX antara lain Aisyah Yuniarti, S.Pd, Retno Indratuti,S.Pd, Anik Suryati,S,Pd, Sulasrstri, S.Pd, Lita Mintarsih, S.Pd, Siti Aminah, S.Pd, Yuliatun, S.Pd. Para wali kelas inilah sebagai ujung tombak terdepan SMP Hang Tuah -5 dalam kegiatan belajar mengajar di setiap harinya.

Berikutnya menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya, diteruskan dengan lagu Mars Hang Tuah diteruskan dengan laporan ketua Pelaksanan Purnawiyata SMP Hang Tuah -5 oleh Lukmanul Khakim, S.Pd , dilanjutkan Pembacaan SK Kelulusan oleh Waka Kurikulum Lilik Hangdayani, S.Pd. Dalam laporan kelulusannya Waka kurikulum menyampikan bahwa pada tahun Pelajaran 2021/2022 peserta ujian sekolah terdiri dari 219 siswa dan dinyatakan lulus sertus persen
Kepala SMP Hang Tuah -5 Sumiyati, S.Pd mengucapkan banyak terima kasih kepada orang tua siswa yang telah hadir dan mendukung kegiatan ini, juga kepada seluruh siswa yang pada hari ini melaksanakan Purnawiyata . “Saya mengucapkan banyak terima kasih atas kerja keras, komitmen dan pengorbanan selama menuntut ilmu di sekolah SMP Hah Tuah 5 walaupun banyak hambatan dan rintangan, namun jangan berhenti bermimpi dan bertindak dalam menggapai cita-cita “ tuturnya.

Sebagai sambutan berikutnya Ketua Pengurus Yayasan Hang Tuah Cabang Surabaya Kolonel Laut (KH) Suryanto Hadiwidodo, S.Si., M.Pd., CTMP., CHRMP, kepada seluruh siswa menyampaikan bahwa kelulusannya dari SMP Hang Tuah-5 ini merupakan modal dasar dan awal dari perjuangan yang masih panjang dan penuh hambatan, tantangan dan persaingan yag begitu besar. Sebagai Alumni Hang Tuah yang telah memiliki bekal ilmu dan pengalaman , kedepan diharapkan dapat membuktikan bahwa alumni SMP Hang Tuah-5 akan mampu bersaing di tingkat lanjutan atas ( SMA/ SMK) . Bahkan menurut orang nomor wakhid di Yayasan Hang Tuah Cabang Surabaya ini : “ Lulusan SMP Hang Tuah-5 bisa melanjutkan ke SMA Hang Tuah dan SMK KAL dan akan mendapat prioritas/ diskon dana pendidikan “ ungkapnya.

Puncak Purnawiyata yang di tunggu –tunggu oleh seluruh siswa di saksikan oleh orang tua masing-masing adalah ucapan selamat oleh Kepala Sekolah SMP Hang Tuah-5 kepada seluruh siswa peserta Purnawiyata, mereka secara bergantian menerima nilai hasil kelulusannya yang di sampaikan oleh wali kelas masing-masing kemudian mendapan kan ucapan selamat dari Kepsek yang di dampingi olehWaka Kurikulim dan Waka Kesiswaan.

Dalam Purnaiyata lulusan ke – XVI tahun Pelajaran 2021/2022 keluar sebagai lulusan terbaik bidang akademik siswa Okdino Gagah Setia Budi dan Muhammad Maulana Maghribi lulusan terbaik bidang non akademik, kepada kedua siswa tersebut Kapeng menyerahkan Piagam Penghargaan atas prestasi yang telah diraihnya.

Purnawiyata di akhiri dengan pesan dan kesan oleh perwakilan Siswa dan perwakilan orang tua siswa serta sebagai pamungkasnya adalah pembacaan janji alumni yang di bacakan oleh Rahmad Ardiansyah Putra yang di tirukan oleh seluruh peserta Purnawiyata.

Hadir dalam kegiatan ini Pengawas Dinas Pendidikan Sidoarjo Muchammad Isa , S.Pd., M.Pd, Pengurus Inti Yayasan Hang Tuah Cabang Surabaya, para Kasatdik SMP Hang Tuah, Kasatdik TK dan Kasatdik SD di lingkungan Sidoarjo

Fram
Yht/dar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.