Gubernur AAL Pimpin Upacara Kenaikan Pangkat dan Tingkat Taruna AAL

Spread the love

Jurnalline.com, AAL, Surabaya – Gubernur Akademi Angkatan Laut (AAL) Laksamana Muda TNI Denih Hendrata, memimpin jalannya upacara kenaikan pangkat dan kenaikan tingkat 460 Taruna Angkatan 68, 69 dan 70. Upacara digelar di lapangan Aru, Kesatrian Akademi Angkatan Laut, Bumimoro, Surabaya, Jum’at (15/7).

“Selamat atas kenaikan pangkat dan tingkat ini. Ingat kenaikan tingkat dan pangkat ini adalah anugerah dan nikmat dari Tuhan Yang Maha Esa kepada hamba-Nya. Oleh karena itu momen ini hendaknya disyukuri. Wujud syukur bukan hanya lisan saja. Tetapi harus diimplementasikan dan ditampilkan dalam wujud belajar dan berlatih semakin giat dan bersemangat lagi selama menempuh pendidikan di AAL sampai lulus menjadi Letnan Dua,” kata Gubernur AAL.

Upacara kenaikan tingkat dan kenaikan pangkat ditandai dengan penyematan tanda pangkat Taruna (Cevron) oleh Gubernur AAL. Dari jumlah 460 Taruna tersebut, sebanyak 123 Taruna AAL Angkatan ke-68 (112 pria, 11 wanita) naik tingkat menjadi tingkat IV dengan menyandang pangkat Sersan Mayor Satu Taruna (Sermatutar).

Kemudian 140 Taruna AAL Angkatan ke-69 (130 pria dan 10 wanita), naik tingkat III dengan menyandang pangkat Sersan Mayor Dua Taruna (Sermadatar). Sementara itu 197 Taruna AAL Angkatan ke-70 (187 pria dan 10 wanita), naik menjadi Tingkat II dengan menyandang pangkat Sersan Taruna (Sertar).

Pada upacara kali ini, Gubernur AAL juga memberikan anugerah tanda penghargaan Tri Sakti Wiratama Emas di masing-masing Angkatan, untuk Angkatan ke-68 diberikan kepada Sermadatar (M) I Made Indrayana WIbawa, Angkatan 69 Sersan Taruna (M) Mochamad Irvan Sugianto dan pada Angkatan 70 Kopral Taruna (M) Tri Sakti Pakurimba Suriyadi P.

Menurut Gubernur AAL, upacara kenaikan tingkat dan pangkat serta pemberian tanda penghargaan merupakan wujud penghargaan dari pemimpin kepada para Taruna yang telah memenuhi standar persyaratan. Mulai dari bidang akademik, kesehatan, kesamaptaan jasmani, serta kepribadian, setelah melalui suatu proses penilaian dan pengamatan obyektif, transparan dan dapat dipertanggungjawabkan melalui Sidang Dewan Akademik.

”Hal ini membuktikan bahwa para Taruna yang bersangkutan benar-benar rajin, tekun, memiliki semangat dan motivasi tinggi, serta disiplin dalam proses belajar dan berlatih. Sehingga layak untuk naik satu tingkat lebih tinggi dari pangkat sebelumnya,” ungkapnya.

Untuk menjadi perwira Matra Laut dan sebagai calon pemimpin TNI masa depan, lanjut Gubernur AAL, para Taruna dituntut untuk memiliki kemampuan kepemimpinan (leadership skill) yang handal seiring dengan tuntutan zaman. ”Ciri-ciri pemimpin yang baik adalah mereka yang profesional di bidangnya, bermoral, memahami dan melaksanakan 11 azas kepemimpinan. Memiliki tingkat keimanan dan ketaqwaan yang tinggi serta berani, yang ditunjukkan dengan semangat nasionalisme dan patriotisme yang tinggi,” tegasnya.

Ia juga mengingatkan kepada anak asuhnya bahwa mereka juga dituntut untuk memiliki kemampuan dan skill yang lebih baik, lebih smart, visioner, ulet dan lebih peka dari bawahan. Sehingga bawahan akan merasa terinspirasi, kagum, bangga, loyal dan hormat kepada pemimpinnya.

”Semua bekal kepemimpinan tersebut kalian peroleh di AAL ini. Sebuah institusi yang memang dipersiapkan oleh para pendahulu untuk mencetak pemimpin-pemimpin unggulan dari generasi ke generasi,” pungkasnya.

Fram

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.