Intip Persiapan Satgas TNI AL Super Garuda Shield 2022

Spread the love

Jalesveva Jayamahe

Jurnalline.com, Jakarta — Menjelang kedatangan KRI Makassar-590 (KRI MKS-590) di pelabuhan Batu Ampar, Batam, Kepulauan Riau pada Jumat (29/07) kemarin, Wakil Komandan Gugus Tugas TNI AL Super Garuda Shield 2022 (SGS 2022) Kolonel Laut (P) Himawan mewakili Komandan Gugus Tugas Laksamana Pertama TNI H. Krisno Utomo memberikan pengarahan kepada personel KRI maupun personel yang terlibat pada kegiatan Latihan Gabungan Bersama (Latgabma) yang dilaksanakan saat apel pagi bertempat di Deck Heli, KRI MKS-590.

Pengarahan ini bertujuan meningkatkan semangat prajurit serta memberikan himbauan agar dengan latihan ini terbentuk kemampuan profesional prajurit, sehingga baik para Perwira, Bintara maupun Tamtama yang mengikuti kegiatan ini agar melaksanakan dengan maksimal dan mendapatkan manfaat dari kegiatan ini.

Lebih lanjut disampaikan bahwa latihan tersebut akan dihadiri Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa dan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono. Diharapkan latihan dapat meningkatkan profesionalisme prajurit TNI AL dan mendapatkan manfaatnya.

Selain itu, dalam latihan Latgabma ini prajurit marinir juga akan berinteraksi dengan prajurit asing yang diharapkan bisa saling menukar ilmu, saling tukar teknik, taktik dan prosedur.

Kolonel Himawan juga menekankan kepada seluruh prajurit agar memperhatikan keselamatan dan keamanan personel dalam latihan tersebut. “Hal yang utama yang harus dilaksanakan yakni tetap menjaga keselamatan personel sehingga pada saat pelaksanaan latihan SGS 2022 dapat berjalan dengan lancar,” imbuhnya.

Latgabma ini, di samping untuk membangun Sumber Daya Manusia (SDM) TNI AL yang unggul dan profesional sesuai program prioritas Kasal, juga sangat penting dilaksanakan oleh setiap Prajurit TNI AL sebagai wujud implementasi Prioritas Kasal dalam menghadapi segala ancaman dengan membangun sistem pembinaan kekuatan melalui kesiapan operasi yang bersinergi dan mempunyai interoperabilitas tinggi.

Selama pelayaran para awak KRI juga mengisi kegiatan dengan melaksanakan Visit, Board, Search, and Seizure (VBSS), Sosialisasi Pertolongan Bantuan Hidup oleh Dislambair dan Satgas Kesehatan serta rencananya pada Sabtu (30/07/2022). Sementara itu Tim Intai Amfibi (Taifib) Marinir akan melaksanakan Sinkronisasi Teknik dan Taktik dengan US MEU Recon US Marine yang dilaksanakan di Yonif 10 Marinir/BS Batam.

Fram
Sumber : Dinas Penerangan Angkatan Laut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.