Kapal Markas Guspurla Koarmada III Berikan Penyuluhan Keselamat Pelayaran di Tengah Laut

Spread the love

Jurnalline.com, TNI AL/ Koarmada III – Disela-sela pelaksanaan Operasi Garda Arnawa-22, Kapal Markas Guspurla Koarmada IIII, KRI Madidihang-855 melaksanakan pembinaan kepada Nelayan Lokal yang sedang melaut di perairan Kep. Aru. Bentuk pembinaan kepada mereka dilakukan dengan memberikan pengarahan pentingnya keamanan dan keselamatan di laut, disamping itu juga memberikan bantuan obat-obatan berupa Vitamin sebagai bentuk upaya pendekatan kepada para nelayan tersebut.

Pada kesempatan pengarahan itu, dikatakan oleh Komandan KRI Madidihang-855 Mayor Laut (P) Herry Prastyawan, bahwa para nelayan lokal yang sedang melaut agar tetap memenuhi kelengkapan dokumen-dokumen yang diperlukan sebelum melaut sebagai bentuk ketaatan terhadap hukum yg berlaku.

Sementara itu Komandan Gugus Tempur Laut Koarmada III Laksamana Pertama Ashari Alamsyah CHRMP , menyampaikan pula bahwa apa yg dilakukan Komandan KRI Madidihang-855 kepada para nelayan lokal di Kep. Aru merupakan implementasi tugas TNI Angkatan Laut yang tertuang dalam Undang-Undang TNI no 34 tahun 2004 Pasa 9e yaitu melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan laut.

Sehingga kepercayaan Nelayan sebagai mitra kemaritiman terhadap TNI Angkatan Laut dapat terbentuk dan pada akhirnya akan terjalin kerja sama secara tidak langsung untuk menjaga pertahanan dan keamanan di wilayah perairan Indonesia dan wilayah perairan Yurisdiksi Indonesia.

Fram
Sumber : Kadispen Koarmada III

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.