Pratugas Satgas Yonif Para Raider 305 Kostrad adakan Khitanan Massal

Spread the love

Jurnalline com, Jakarta – Menjelang akhir pratugas Satgas Yonif Para Raider 305/ Tengkorak menggelar bakti sosial khitanan massal dan pemberian tali asih untuk anak di Desa Mekarwangi Kecamatan Sindang kerta Kab. Bandung, Ciwidey, (20/7/2022).

Dansatgas Mayor Inf Ardiansyah, S.Hub, Int., mengatakan, bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan oleh Tim Kesehatan Yonif Para Raider 305/ Tengkorak di Puskesmas Pembantu Desa Mekarwangi.

“Kegiatan khitanan massal merupakan salah satu program di bidang Kesehatan Satgas, yaitu selain memberikan pelayanan kesehatan seperti pengobatan gratis serta mengajak masyarakat untuk merawat diri dengan menjaga kesehatan sejak dini yaitu dengan melaksanakan Khitanan,” ujar Dansatgas.

Lebih lanjut dikatakan, kegiatan ini merupakan bagian dari pembinaan teritorial di daerah penugasan, khususnya di wilayah Papua Intan Jaya, sekaligus untuk mendekatkan diri dengan masyarakat dalam membantu mengatasi kesulitan rakyat dan bertujuan membangun hubungan sosial dan komunikasi yang baik serta mempererat tali silahturahmi.

“Karena kegiatan ini memberikan efek kesehatan dalam jangka panjang terhadap kondisi tubuh masyarakat,” pungkas Dansatgas.

Masyarakat sangat menyambut baik kegiatan Khitanan/Sunatan massal ini, hal ini dikarenakan untuk melakukan khitanan memerlukan dana yang cukup besar sehingga terkadang bagi orang yang tidak mampu akan mengalami kesulitan untuk melaksanakannya, untuk itulah Satgas Yonif Para Raider 305/ Tengkorak berinisiatif menggelar khitanan massal di Desa Mekarwangi.

“Kami berharap kehadiran kami ditengah-tengah masyarakat dapat memberikan manfaat dan pengaruh Positif dalam rangka Kemanunggalan TNI dengan rakyat,” tutup Dansatgas.

Letda Ckm dr. M. Suharso Pane, M.K.M. selaku dokter Satgas menjelaskan bahwa melalui program Khitanan Massal ini ada 6 orang anak yang sudah di Khitan oleh Tim Kesehatan Yonif Para Raider 305/ Tengkorak, yang mana sasaran dari Khitanan tersebut adalah anak anak dari warga desa sekitar yang berumur kurang lebih 6 sampai 10 Tahun.

Sementara itu, Kepala Desa Bapak Yayan Hardiana dari mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya dengan terselenggaranya kegiatan bakti sosial khitanan massal ini, khususnya warga desa Mekarwangi yang kurang mampu merasa sangat terbantu dapat mengkhitan anak-anaknya saat ini dengan tanpa mengeluarkan biaya apapun mulai dari di khitan, obat-obatan sampai dengan masa penyembuhan nantinya.

“Kami senang karena semuanya gratis tanpa biaya sedikitpun, terima kasih kepada Satgas Yonif Para Raider 305/ Tengkorak yang sudah memberikan pelayanan yang sangat baik untuk warga desa Mekarwangi,” pungkas Yayan.

Turut hadir Letnan Jenderal TNI (Purn.) Agus Rohman, S.I.P., M.I.P. mantan Danyonif Para Raider 305/Tengkorak sekaligus Pangdivif 1 Kostrad serta jabatan terakhir sebagai Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan III, Kolonel Inf Fendri Navyanto Ramita selaku Komandan Brigade (Danbrig) Infanteri Para Raider 17/ Sakti Budi Bhakti.

Alex
Sumber : Penkostrad

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.