Wujudkan SDM TNI AL Unggul, Pusdiktek Kodiklatal Adakan Lattek Kerja Siswa

Spread the love

Jurnalline.com, Kodiklatal. Surabaya – Dalam upaya mewujudkan sumber daya manusia (SDM) TNI AL yang unggul, Pusat Pendidikan Teknik (Pusdiktek), Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI AL (Kodiklatal) mengadakan latihan praktek (lattek) kerja teknik bagi siswa Pendidikan Pertama Tamtama (Dikmata) TNI AL Angkatan 41/2 Tahun 2022 Kejuruan Mesin dan Listrik. Lattek kerja ini merupakan betuk implementasi mewujudkan program prioritas Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono dalam bidang pembangunan SDM TNI AL.

Dalam latihan praktek kerja yang dilaksanakan di Lab Rekayasa Pusdiktek, pada Kamis (21/7) sebanyak 40 siswa Kejuruan Mesin melaksanakan praktek materi-materi pelajaran yang telah disampaikan dalam proses belajar di kelas. Diantaranya Latek mesin bubut dan mesin sekrap untuk membuat mur baut dan engsel, Lattek pengelasan dasar, Ngefrais, dan membuat kepala baut segi 6. Selama pelatihan berlangsung, siswa berada dalam bimbingan instruktur Lettu Laut (T) Tri Sahana, Serma Bambang, dan Serda Karmijan.

Sementara itu, di tempat bengkel listrik Pusdiktek sebanyak 45 siswa Dikmata Angkatan ke-41/2 TA 2021 Kejuruan Listrik melaksanakan lattek kerja teknik dengan materi lilit motor dan instalasi listrik dengan instruktur Serma Iswahyudi, Serka Triono, dan Serda Arik.

Secara terpisah, Danpusdiktek Kolonel Laut (T) Fitanto Sony Suryono menyampaikan bahwa Lattek ini bertujuan untuk membekali para siswa dengan mata pelajaran Lattek Permesinan dan Kelistrikan agar memiliki pengetahuan dan keterampilan tentang proses pembubutan dan pengelasan, dan instalasi listrik, sehingga mampu mengaplikasikannya dalam kedinasan TNI/TNI Angkatan Laut maupun di KRI.

Lebih lanjut diharapkan setelah mengikuti Lattek, siswa mampu melaksanakan tugas-tugas yang berkaitan dengan proses bubut dan pengelasan dengan baik dan benar. Sehingga diharapkan bisa menjadi prajurit TNI AL yang unggul, profesional , modern dan berkarakter sebagaimana imbauan Dankodiklatal Letjen TNI (Mar) Suhartono.

Fram
Sumber : Dinas Penerangan Kodiklatal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.