Forum SDM FKRTL, Sulut Diharapkan Menjadi Barometer Health Tourism

Spread the love

Jurnalline.com, Manado – Gubernur Sulut Olly Dondokambey, SE, melalui Penjabat (Pj) Sekdaprov Sulawesi Utara (Sulut) Praseno Hadi mengatakan bahwa pelayanan kesehatan merupakan urusan wajib yang harus dijamin oleh pemerintah, karenanya menjadi wujud kehadiran negara bagi masyarakat sesuai yang diamanatkan dalam Undang-Undang Dasar 1945.

Hal ini disampaikannya saat membuka Forum Komunikasi serta Monitoring dan Evaluasi Atas Penyediaan Fasilitas Kesehatan, Sarana Prasarana dan SDM FKRTL dengan Pemangku Kepentingan Tingkat Provinsi Sulut di ruang C.J. Rantung Kantor Gubernur, Selasa (2/8/2022).

“Dulu mungkin hanya asuransi, sekarang sudah jadi Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan (BPJS), Jadi BPJS diharapkan dapat memfasilitasi kehadiran negara dalam pemeliharaan kesehatan masyarakat. Untuk itu dalam tugasnya, seluruh penduduk Indonesia ter-cover, terdaftar, sehingga bisa dilayani pengobatan kesehatannya,” tukas Praseno

Terkait hal tersebut, Pj. Sekdaprov menyebut bahwa fasilitas kesehatan dituntut harus siap, mulai dari sarana dan prasarana hingga tenaga kesehatan.

“Selama masa pandemi Covid-19, ternyata fasilitas kesehatan kita di Indonesia kurang memadai. Kita agak kedodoran karena tidak bisa menampung semua. Kita rekrut sukarelawan, impor obat-obatan. Jadi kewajiban negara dalam hal ini masih belum cukup kuat,” ungkapnya

Meski begitu, untuk tingkat provinsi Pj. Sekdaprov mengungkapkan bahwa Sulut patut berbangga dengan fasilitas kesehatan yang ada sejauh ini.

“Kita berbangga Pak Gubernur Olly Dondokambey dan Wagub Steven Kandouw sangat “care” dengan pelayanan kesehatan di Sulut. Dibandingkan provinsi lain di Sulawesi, faskes kita sudah jauh maju. RS banyak, dokter banyak, fasilitas ada, kualitasnya juga bagus, swasta ada, pemerintah ada. Kita berharap ini semua bisa meng-cover health tourism atau wisata kesehatan. Seterusnya jadi pusat kesehatan di kawasan Asia Pasifik,” harap praseno

Adapun diketahui, kegiatan ini diselenggarakan atas kerjasama Dinas Kesehatan Provinsi Sulut dan BPJS Kesehatan Suluttenggomalut, dihadiri Asisten Deputi BPJS, unsur Forkopimda Sulut, sejumlah Kepala Perangkat Daerah lingkup Pemerintah Provinsi Sulut, dan stakeholder terkait.

(IskandarEffendy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.