Kadis PMD kab.Minahasa Djefry Tangkulung “Peran Desa Dalam Penanggulangan Stunting”

Spread the love

Jurnalline.com, Minahasa – Sekitar Rp 160an miliar lebih dana desa (DD) yang dikucurkan kepada 227 desa yang ada dikab.Minahasa provinsi Sulawesi Utara, diharapkan dapat mampu direalisasikan sesuai pemanfatannya yang dibarengi kepercayaan dalam pelaksanakan kewenangan merealisasikan Program yang ada didesa tersebut.

“Melalui Program bantuan Dana Desa yang dialokasikan disetiap tahun ini
diharapkan mampu memberikan manfaat terhadap kamslahatan masyarakat karena Desa diberikan kewenangan yang besar dibarengi juga dengan Kualitas penggunaan pada kegiatan terkait dana desa.”

Demikian point penting yang dilaksanakan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan dan Masyarakat Kab.Minahasa Djefry Tangkulung pada satu kegiatan.

Bahwasanya pelaksanaan pengawasan dalam pengelolaan Dana desa tersebut harus terus dipantau Leader juga oleh Istansi terkait.

“Pemerintah desa diberikan Perhatian Penuh pada Program yang sangat strategis ini, juga pada pada pelaksanaan penanganan Stunting yang telah dijabarkan kepada masyarakat sesuai dengan Musdes .” Tukas Kadis PMD Djefry Tangkulung

DD ini juga dapat dimanfaatkan pada pencegahan dan penurunan Stunting disetiap desa asalkan para satgas dan Pokja mengusulkan hal tersebut pada Musdes.

Dirinya juga
Mewanti wanti agar Musyawarah desa yang dilaksanakan, sebagai keterwakilan yang mewakili stakholder dan komponen masyarakat desa agar supaya hasilnya dapat memberikan efeck pada pelaksanaan program desa tersebut.

Lanjut Tangkulung Peran dari hukum tua, keluara dan kelompok antar keluarga, Paud holistik, bersama dengan fasiliator didalamnya melalui Rumah desa Sehat ini akan mampu pada penanganan Stunting.

Menambahkan melalui perancangan Peraturan Bupati Minahasa bersama juga peran pemdes terhadap penanganan Stunting ada kontribusi langsung dan mencapai apa yang diharapkan.

“Mengacuh pada
Peraturan Presiden nomer 72 tahun 2021 tentang Pemerintah desa yang memprioriaskan dana desa pada untuk penurunan stunting.” Kuncinya

(IskandarEffendy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.