Beri Wawasan Kebaharian, KRI Banda Aceh-593 Terima Kunjungan Organisasi Kemasyarakatan

Spread the love

Jurnalline.com, Jakarta – Wisata edukasi “warship tour” yang dicanangkan oleh Komando Lintas Laut Militer sebagai wahana untuk publikasi alusista TNI AL menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat untuk mengobati rasa ingin tahu dan rasa penasarannya tentang segala hal yang ada di kapal perang. Tidak hanya berlaku bagi pelajar sekolah, wisata edukasi juga terbuka untuk kelompok atau organisasi kemasyarakatan.KRI Banda Aceh-593 yang saat ini tengah sandar di Dermaga Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara setelah melaksanakan kegiatan Latihan Operasi Pendaratan Administrasi menerima kunjungan dari Forum Komunikasi Putera Puteri TNI Angkatan Laut (FKPPAL) dan Komunitas Touring Bela Negara Jakarta, Kamis (15/9).

FKPPAL merupakan wadah putera-puteri TNI AL baik yang masih aktif maupun yang telah purna tugas dengan tujuan untuk menjalin komunikasi sesama keluarga besar TNI AL dan membantu sesama anak bangsa melalui berbagai kegiatan sosial. Kunjungan kedua ormas tersebut disambut dengan hangat oleh Palaksa KRI Banda Aceh-593 Mayor Laut (P) Dani Widjanarka mewakili Komandan KRI Banda Aceh-593 Letkol Laut (P) Edi Herdiana dan didampingi Perwira Staf Potensi Maritim Kolinlamil. Kegiatan diawali dengan pengenalan kapal, aturan yang berlaku saat berada di kapal perang, menyaksikan film dokumenter KRI Banda Aceh-593 dan dilanjutkan dengan mengelilingi kapal meliputi anjungan, tank deck dan hely deck secara bergantian. Mereka sangat senang diberikan banyak penjelasan dan tambahan pengetahuan tentang keangkatanlautan dari prajurit KRI yang memandunya selama melaksanakan kunjungan di KRI Banda Aceh-593.

Asisten Potensi Maritim Panglima Kolinlamil Kolonel Laut (P) Ketut Budiantara menyampaikan bahwa Staf Potensi Maritim Kolinlamil sebagai leading sector kegiatan wisata edukasi memberikan kesempatan kepada seluruh instansi atau komunitas untuk mengetahui lebih dekat tentang unsur-unsur KRI yang menjadi alutsista Kolinlamil. Aspotmar Panglima Kolinlamil juga mengutarakan, wisata edukasi “warship tour” akan memberikan pengalaman tersendiri mengingat kesempatan tersebut tidak mudah untuk didapatkan. “Sesuai arahan dari Panglima Kolinlamil Laksda TNI Agus Hariadi, Kolinlamil memfasilitasi warga masyarakat untuk bisa meng-explore unsur-unsur KRI jajaran Kolinlamil. Tentunya dengan mekanisme atau prosedur yang telah ditetapkan,” ujar Aspotmar Kolinlamil.

Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono dalam suatu kesempatan menyampaikan instruksinya agar satuan-satuan TNI AL dan prajurit TNI AL dimanapun berada dan bertugas untuk menunjukkan komitmennya dalam memberikan manfaat bagi masyarakat di sekitarnya. Dan, mampu menunjukkan amanat yang telah diberikan oleh negara dan rakyat Indonesia untuk mengawaki alutsista TNI AL dengan kerja nyata dan memberikan manfaat.

Fram
Sumber : Dispen Kolinlamil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.