Sukseskan Gerakan Nasional Ketahanan Pangan, Kolinlamil Tanam Sorgum Di Marunda

Spread the love

Jurnalline.com, Jakarta – Ketahanan pangan merupakan suatu kondisi terpenuhinya kebutuhan pangan bagi rumah tangga yang tercermin dari tersedianya pangan secara cukup, baik dari jumlah maupun mutunya, aman, merata, dan terjangkau. Dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan, TNI Angkatan Laut menggelar Gerakan Nasional Penanaman Sorgum tahun 2022 secara serentak di 77 lokasi tersebar di seluruh Indonesia sebagai rangkaian kegiatan peringatan Hari Ulang Tahun ke-77 TNI Angkatan Laut yang terpusat di Kampung Neglasari Desa Mekarwangi Kecamatan Cariu Kab. Bogor Jawa Barat, Jumat (9/9). Hadir dalam acara tersebut Wakil Menteri Pertanian RI Harvick Hasnul Qolbi dan Wakil Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono, turut hadir pula Panglima Komando Lintas Laut Militer Laksda TNI Agus Hariadi.

Acara yang digelar dengan mengangkat tema “Melalui Gerakan Nasional Penanaman Sorgum tahun 2022 TNI AL Bersama Rakyat Siap Mendukung Kejayaan Maritim untuk Indonesia Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat” ini memanfaatkan lahan kosong milik TNI Angkatan Laut. Sasaran yang hendak dicapai adalah menyediakan kebutuhan bahan pangan alternatif bagi prajurit dan masyarakat umum serta terlaksananya kerja sama satuan kerja TNI Angkatan Laut dengan masyarakat sekitar untuk berperan aktif dalam kegiatan ketahanan pangan. Kolinlamil sebagai Kotama non Satuan Komando Wilayah turut serta dalam rangkaian kegiatan Gerakan Nasional Penanaman Sorgum tahun 2022 melalui video conference dan melaksanakan penanaman bibit sorgum di lahan Kolinlamil Marunda, Jakarta Utara.

Kepala Staf Kolinlamil Laksma TNI Singgih Sugiarto yang membacakan amanat Panglima Kolinlamil menyampaikan, kegiatan ketahanan pangan ini merupakan kepedulian TNI Angkatan Laut dalam hal ini Kolinlamil dalam pengabdian kepada masyarakat sekitar guna meningkatkan taraf hidup masyarakat pesisir khususnya kampung Marunda dengan memanfaatkan lahan kosong yang ditanami sorgum dan ketela pohon. Gerakan Nasional Penanaman Sorgum tahun 2022 ini merupakan program yang memberikan alternatif keanekaragaman ketersediaan pangan bagi masyarakat Marunda guna kepentingan pertahanan negara dan menyiapkan Ruang Alat dan Kondisi (RAK) juang yang tangguh serta mensukseskan program ketahanan pangan nasional.

TNI Angkatan Laut dalam memperingati hari jadinya ke-77 menyelenggarakan berbagai rangkaian kegiatan yang secara umum bertujuan untuk menjalin soliditas dengan berbagai komponen bangsa guna mewujudkan sinergitas dalam kesemestaan yang hasilnya dapat membawa manfaat dan kesejahteraan bagi warga masyarakat serta meningkatkan citra positif TNI Angkatan Laut. Hal tersebut merupakan implementasi dari perintah harian Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono.

Fram
Sumber : Dispen Kolinlamil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.