TNI dan Masyarakat Gelar Bakar Batu di Ilaga Rencanakan Pemulihan Proses Belajar Siswa di Papua

Spread the love

Jurnalline.com, Jakarta – Satgas Satuan Organik Yonif Raider 303 Kostrad menghadiri undangan Kegiatan adat acara bakar batu, bertempat di Lapangan SMPN 1 Ilaga, Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua.

Acara adat bakar batu merupakan kegiatan yang sering dilakukan oleh masyarakat di wilayah Papua terlebih daerah pegunungan, seperti yang diselenggarakan oleh masyarakat Ilaga, Kabupaten Puncak dalam rangka pemulihan kembali kegiatan belajar mengajar.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Yonif Raider 303Kostrad Mayor Inf Slamet Faojan, M.Han dalam rilis tertulisnya, di Papua. Kamis (8/09/2022).

Dijelaskan Dansargas sebelum acara bakar batu, kegiatan diawali dengan ibadah syukur dan dilanjutkan dengan acara adat bakar batu yang dihadiri oleh ratusan masyarakat Distrik Ilaga dan sekitarnya.

Kegiatan doa bersama ini dipimpin langsung oleh Bupati Kabupaten Puncak Papua Bapak Willem Wandik, S.E., M.Si dengan tema guru – guru dan masyarakat bersatu memajukan Pendidikan Puncak Jaya.

Dalam sambutannya, Bupati Puncak mengajak untuk seluruh unsur dan masyarakat dapat bekerja sama membangun serta memajukan pendidikan yang nyaman dan aman di Daerah Puncak.

“Sudah cukup lama pendidikan di Ilaga ini terhenti, saya berharap acara ini sebagai pembuka kegiatan belajar mengajar dapat berjalan kembali dengan nyaman, aman dan damai. Anak – anak kita merupakan masa depan bangsa, kelak mereka semua generasi penerus yang akan memajukan bangsa. Dengan dukungan seluruh unsur, aparat keamanan yang ada, saya yakin dan percaya pendidikan dapat berjalan kembali dengan baik,” ujar Bupati.

Kegiatan acara adat bakar batu diakhiri dengan penanaman bibit pohon pisang dan makan bersama dengan tujuan menjalin kebersamaan aparat keamanan, guru dan masyarakat wilayah Ilaga.

Turut hadir dalam acara Letkol Inf Denny Salurerung S.Sos (Dandim 1714/PJ), Kompol I Nyoman Punia S.Sos (Kapolres Puncak Papua), Mayor Cku M. Alwan Wijaya (Kapos Satgas Elang III BIN Pos Puncak), Kompol Wugar Hadi (Dansektor Satgas Damai Cartenz), Lukius Newegalen, S.I.P. (Ketua DPRD Kabupaten Puncak Papua), Ir. Darwin L. H. Tobing, M.M. (Plt. Sekda Puncak Papua), Alpon Newegalen (Asisten III Puncak Papua/Plt. Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Puncak Papua), Yuni Tabuni (Staf Ahli Bupati Puncak Papua).

Alex :
Sumber : Penkostrad

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.