Vicky Kaloh : Masyarakat Diharapkan Kelola Sampah Di Bank Sampah

Spread the love

Jurnalline.com, Minahasa – Program Bank Sampah di kabupaten di Minahasa merupakan satu upaya dalam menangani semakin banyaknya permasalahan sampah, khususnya Sampah Plastik yang ada di kab.Minahasa.

Salah satu Tujuan dengan hadirnya Bank Sampah disetiap kecamatan di kab.minahasa, ini akan membantu menangani permasalahan sampah, juga menyadarkan masyarakat hidup sehat, bersih dan rapih bebas dari Sampah.

“Hadirnya Bank Sampah disetiap 25 kecamatan di kabupaten Minahasa, merupakan konsep pengumpulan sampah kering dan di pilah serta memiliki manajement layaknya Perbankan dan memiliki nilai ekonomis dari warga yang menabung sampah sehingga menjadi duit.” Ujar Kadis DLH kab.Minahasa Vicky Kaloh kepada wartawan Senin, 19/9/2022).

Kaloh yang didampingi Sekdis DD Kandouw, menyampaikan Kecamatan Langowan Utara menjadi Kecamatan pertama yang melaunching Bank sampah kerjasama dengan Pemerintah desa, selanjutnya DLH pekan berjalan ini akan menyambangi kecamatan Langowan selatan.

Dirinya berharap Sampah yang seringkali menjadi pemicu timbulnya permasalahan lingkungan jika membuangnya sembarangan akibatnya menimbulkan masalah jangka panjang seperti
Banjir, pencemaran lingkungan, timbulnya penyakit, pemanasan global dipicu oleh sampah yang bertumpuk.

“Kesadaran masyarakat melakui Program Bank Sampah ini menjadi solusi menjawab permasalahan sampah, namun dibalik itu sampah akan dapat menghasilkan puing puing rezeki jika kita bijak memilah sampah.” Tukasnya

Dengan memiliki pandangan atau sikap positif mengenai sampah, bukan tidak mungkin kita dapat menemukan manfaat dan solusinya dari masalah yang ditimbulkan.

“Menumbuhkan kepedulian masyarakat terhadap lingkungan pada
Program Bank sampah ini dengan harapan yang mulia terhadap masyarakat, dari masalah ekonomi.” Tandasnya

(IskandarEffendy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.