Asah Kemampuan Dukung Tugas Operasi, Yon Armed 9 Latihan Vertical Rescue

Spread the love

Jurnalline.com, Jakarta – Prajurit Yonarmed 9/155 GS/Pasopati/1/1 Kostrad melaksanakan LDS (Latihan Dalam Satuan) Vertical Rescue (Teknik Evakuasi Korban di medan Vertikal) bersama dengan Masyarakat Sekitar Satuan dan Komunitas Vertical Rescue Purwakarta.

Pelatihan yang dilaksanakan mulai tanggal 30 September s.d 02 Oktober 2022 ini merupakan bagian dari operasi SAR.

Menurut Bapak Tedi Ixdiana (Ketua Umum Vertical Rescue Indonesia) Vertical Rescue diartikan sebagai teknik evakuasi objek dari titik rendah ke titik yang lebih tinggi atau kebalikannya atau pada medan yang terjal seperti tebing/lereng pegunungan.

Danyon Armed 9 Kostrad, Letkol Arm B.K Sepang menyampaikan bahwa selain bertempur, prajurit TNI AD Khususnya Yonarmed 9 juga harus memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam penanggulangan bencana seperti LDS Vertical Rescue yang telah dilaksanakan selama 3 hari ini.

“Dengan Latihan ini saya berharap prajurit Yonarmed 9 Kostrad dapat semakin diandalkan khususnya dalam melaksanakan Vertical Rescue di medan sebenarnya. Latihan ini sendiri merupakan salah satu latihan yang mendukung tugas OMSP (Operasi Militer Selain Perang) TNI yaitu membantu penanggulangan Bencana Alam yang terjadi di seluruh wilayah Indonesia,” tambahnya.

Fram
Sumber : Penkostrad

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.