Dankodiklatal Letjen TNI Marinir Suhartono Pimpin Upacara Hari Sumpah Pemuda ke-94

Spread the love

Jurnalline.com, Kodiklatal Surabaya – Komandan Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI AL (Dankodiklatal) Letnan Jenderal TNI Marinir Suhartono memimpin langsung Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94 tahun 2022 yang diikuti oleh ribuan prajurit, Pegawai Negeri Sipil dan siswa Kodiklatal di Lapangan Laut Maluku, Kodiklatal, Bumimoro, Surabaya, Jumat (28102022).

Dalam upacara yang berjalan dengan khidmat tersebut, Komandan Komando Pendidikan Operasi Laut (Dankodikopsla) Laksamana Pertama TNI Sigit Santoso tampil sebagai Pembaca Pembukaan UUD 1945 dan Direktur Latihan (Dirlat) Kodiklatal Brigadir Jenderal TNI Marinir Widodo sebagai pembaca teks Kongres Sumpah Pemuda.

Dalam kesempatan tersebut, Dankodiklatal membacakan amanat tertulis Menteri Pemuda dan Olah Raga Zainudin Amali yang mengatakan bahwa Peringatan Hari Sumpah Pemuda ini adalah merupakan upaya Bangsa Indonesia menghadirkan sejarah masa lalu untuk direnungkan, dipelajari, ditemukan kristalisasi pembelajaran kebaikan untuk dijadikan teladan dan inspirasi penggerak langkah menuju visi bangsa yang besar.

Adapun tema dalam Peringatan Hari Sumpah Pemuda yang ke-94, adalah “Bersatu Bangun Bangsa”. Tema ini memberikan pesan mendalam bahwa bersatu padu adalah harga mati yang harus dikuatkan untuk membangun ketangguhan, dengan ketangguhan dan persatuan menjadi kekuatan untuk melakukan pembangunan peradaban yang unggul sebagai eksistensi bangsa Indonesia. Tema ini menjadi pengejewantahan nilai agung Sumpah Pemuda dalam konteks kekinian dan yang akan datang.

“Inilah yang menjadi tekad kita untuk meneruskan perjuangan kemerdekaan mewujudkan cita-cita pada saat ini dan sepanjang masa. Semangat untuk selalu bersungguh-sungguh membangun Indonesia yang merdeka, berdaulat, bersatu adil dan makmur secara dinamis sesuai konteks lingkungan strategis yang selalu berubah”, ujar Dankodiklatal mengutip sambutan Menpora.

Dankodiklatal menambahkan, bahwa kita patut bersyukur, melihat pemuda Indonesia telah menunjukkanbanyak capaian prestasi di berbagai bidang yang membanggakan, baik pada level nasional maupun internasional. Hal ini menjadi modal untuk membangun keunggulan Indonesia di masa yang akan datang.

“Oleh karena itu, pada kesempatan yang baik ini, bermula dari titik Nol Ibu Kota Nusantara, kami mengajak seluruh elemen bangsa menghimpun kekuatan dan semangat untuk bergerak, mendorong pemuda Indonesia utuk mengembangkan berbagai potensi yang ada demi membangun kejayaan sepanjang masa”, ujarnya.

Upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda dihadiri juga oleh Wadan Kodiklatal Laksda TNI Rachmad Jayadi, Irkodiklatal Brigadir Jenderal TNI Marinir Amir Faisol, Kapok Gadik Laksma TNI Nuryadi, para Direktur, para Dankodik, para Danpuslat serta para Danpusdik jajaran Kodiklatal.

Fram

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.