Peduli Ketahanan Pangan, Satgas Yonif PR 305 Kostrad Ajak dan Beri Contoh Warga Intan Jaya

Spread the love

Jurnalline.com, Jakarta – Bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda, para Prajurit Kostrad bersama-sama seluruh Aparat Keamanan di Intan Jaya, meresmikan Pos Kodim Persiapan (Pos Koper) sebagai Pos Pangkal Ketahanan Pangan. Intan Jaya. Jumat. (28/10/ 2022).

Sebulan sudah penyiapan lahan, kerambah dan kandang untuk budidaya ayam dilaksanakan oleh Komandan Pos Koper Lettu Inf Abdul Basyir bersama dengan para Ksatria Tengkorak. Setiap hari Basyir dan rekan-rekan bahu membahu menggali, mencangkul tanpa kenal lelah. Hujan angin dan dinginnya Intan Jaya tidak pernah dianggap penghalang, bahkan dijadikan teman.

“Target dari Komandan harus kami penuhi. Apalagi semua didukung, kami tinggal bekerja. Biar nanti kalau sudah kelihatan hasilnya, masyarakat akan lebih percaya. Peresmiannya sekaligus penaburan lele dan penanaman jagung juga bagus waktunya, bareng dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda,” ungkap Lettu Inf Abdul Basyir.

Dalam sambutannya, Dansatgas YPR 305/Tengkorak Letkol Inf Ardiansyah mengucapkan terima kasih atas kehadiran dan kepercayaan masyarakat kepada aparat TNI-POLRI di Intan Jaya. Ardy atau biasa dipanggil Raja Aibon Kogila juga menyampaikan terima kasihnya kepada Pangkostrad, Pangdivif, Pangdam, Kapolda, Dankorp Brimob serta teman-teman seangkatannya atas support yang diberikan.

“Terima kasih kami ucapkan kepada Panglima Kostrad, Panglima Divisi, Panglima Kodam, Kapolda dan Dankorp Brimob atas support yang diberikan kepada kami. Kami bisa membuat kegiatan seperti ini karena kebersamaan kami seluruh prajurit TNI dan Polri di Intan Jaya,” ucap Raja Aibon Kogila.

“Terima kasih juga buat teman-teman seangkatan saya, Arupadatu, karena selesainya penyiapan program ini, sebagian atas dukungan dari mereka. Spesial kepada Lettu Inf Basyir, Bos Koper bersama seluruh Ksatria Tengkorak sudah memberikan semuanya untuk menjalankan program ini,” lanjutnya.

Program Ketahanan Pangan yang dijalankan oleh Prajurit Kostrad dari Karawang ini, merupakan salah satu dari beberapa Program Pembinaan Teritorial Unggulan periode 1, (Oktober-Desember) yang telah direncanakan oleh Satgas YPR 305/Tengkorak. Program ini dimaksudkan untuk memberi contoh sekaligus mengajak masyarakat Intan Jaya untuk menggalakkan ketahanan pangan.

Dansatgas mengatakan, bahwa tujuan dari program ini adalah agar masyarakat menjadi lebih terampil, modern dan dengan sumber daya yang ada saat ini, akan mendapatkan hasil yang lebih baik dari sebelumnya. Dengan demikian, masyarakat akan jadi lebih sejahtera. Disisi lain, kehadiran TNI dan Polri sebagai ujung tombak negara di Intan Jaya, harus bisa memberikan dampak positif bagi masyarakat, serta dapat menerapkan 8 Wajib TNI secara nyata.”

Peresmian Pos Pangkal Ketahanan Pangan sekaligus memperlihatkan kepada masyarakat bagaimana memelihara ikan di kerambah. Di kesempatan yang sama, 8000 ekor lele di lepas dalam 10 kerambah. Lahan tidur yang sudah disiapkan juga sekalian ditanami jagung. Harapannya, 3 bulan mendatang, masyarakat dapat melihat perkembangan dan hasilnya, sekaligus bersama-sama memetik hasilnya untuk kemudian dinikmati bersama-sama.

“Apa yang Bapa-Bapa lihat ini, kerambah, kebun, kandang, semua biar Bapa-Bapa percaya kalau TNI-POLRI disini hadir untuk masyarakat. Ini kita buat hanya sebagai contoh saja. Nanti, di Kampung Bapa-Bapa, jika ada lahan atau tempat, kita buka sama-sama, kita kerja sama-sama. Nanti butuhnya apa, ikan, bibit jagung, kol atau apa saja, tinggal kita siapkan. Kita buat seperti ini dilahan masyarakat. Hasilnya untuk Bapa-Bapa semua, bukan untuk kami. Kami hanya bantu masyarakat saja,” ucap Raja Aibon Kogila kepada masyarakat yang hadir.

Raja Aibon Kogila didampingi Bos Koper dan semua unsur TNI dan Polri, mempersilahkan masyarakat untuk melepas ikan lele ke kerambah. Bersama dengan Kabagops Polres Intan Jaya, AKP Stevy, masyarakat kemudian bersama-sama menanam jagung. Anak-anak dan Ibu-Ibu terlihat sangat senang, baik saat melepas ikan maupun menanam jagung. Selanjutnya, Bos Koper menjelaskan kepada masyarakat tentang kelengkapan pendukung pertanian.

Fram
Penkostrad

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.