Rumah Baca di Distrik Wuloni, Satgas Yonif Raider 303 Cegah Buta Huruf

Spread the love

Jurnalline.com, Jakarta – Guna meningkatkan minat baca dan tulis anak-anak sekolah di wilayah Papua, Satgas Satuan Organik Yonif Raider 303/SSM membantu membuka rumah baca dan tulis di Distrik Wuloni, Kabupaten Puncak, Papua.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Satuan Organik Yonif Raider 303/SSM Letkol Inf Slamet Faojan, M.Han dalam rilis tertulisnya di Kabupaten puncak, Papua. Kamis (6/10/2022).

Keterbatasan fasilitas maupun sarana pendidikan di Distrik Wuloni, membuat anak – anak sekolah sementara tidak ada kegiatan pembelajaran.

Hal tersebut disebabkan akibat konflik yang terjadi satu tahun silam yakni pembakaran sarana umum termasuk sekolah oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Saat ini kondisi fasilitas sekolah dasar sudah tidak ada di Distrik Wuloni, mereka harus berjalan sejauh 8 Km ke kota Ilaga untuk mendapatkan pembelajaran disekolah.

Hal inilah yang melatarbelakangi Danpos Wuloni Lettu Inf Risma untuk membangun rumah baca dan menulis untuk anak – anak. Dari rumah baca dan tulis yang dibuatnya diharapkan dapat membantu anak – anak untuk tetap termotivasi dan bersemangat belajar demi menggapai cita – cita.

“Kami menggunakan bangunan kosong yang tidak digunakan untuk dijadikan tempat pembelajaran anak – anak, banyak anak – anak senang berkunjung ke Pos, karenanya prajurit Satgas Yonif R 303 Kostrad hadir untuk membantu mengajar, berbagi ilmu, dengan harapan anak-anak siswa sekolah tersebut tetap termotivasi dalam belajar,” ungkap Danpos.

Dansatgas Letkol Inf Slamet Faojan, M.Han mengatakan melalui kegiatan ini dapat memberikan efek semangat dan motivasi tinggi anak – anak untuk terus belajar lebih rajin lagi dalam mengejar mimpi-mimpinya kelak sebagai pemimpin bangsa dan negara di masa yang akan datang.

“Kami berharap, dengan apa yang kami lakukan ini dapat membantu meningkatkan keinginan bersekolah dan semangat belajar bagi anak-anak sehingga dapat mendorong kemajuan bangsa ini. Masa depan bangsa bergantung pada pembelajaran mereka di masa dini,” ujar Dansatgas.

Terlihat kebahagian Mawes (5), anak kecil yang turut belajar di rumah baca, merasa senang. Keceriaan dan semangat nampak hadir terlihat diwajahnya.

Fram
Sumber : Penkostrad

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.