Taruna AAL Tingkat IV Korps Marinir Angkatan 68 Lattek Bhumyamca Yudha

Spread the love

Jurnalline.com, AAL, Surabaya – Dalam rangka mempraktekkan materi pelajaran teori yang diterima di kelas, sebanyak 23 Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) Tingkat IV Korps Marinir Angkatan 68 laksanakan Lattek Bhumyamca Yudha TA. 2022, yang digelar selama tiga pekan dipimpin oleh Kepala Departemen Marinir (Kadepmar) AAL Kolonel Marinir Bambang Dillianto. Pelaksanaannya dilaksanakan dibeberapa tempat latihan diantaranya Koarmada II, Menkav 2 Marinir Semarung, Yonif 5 Marinir Ujung Surabaya, Pantai Banongan Asembagus dan Puslatpur 5 Marinir Baluran Karang Tekok Situbondo.

Pelaksanaan Lattek yang dimulai tanggal 10 Oktober hingga 28 Oktober 2022 diantaranya telah melaksanakan latihan drill embarkasi dan debarkasi pasukan di Garase Ranpur Yonranratfib 2 Marinir, di Kesatrian Soepraptono, Semarung, Ujung, Surabaya, dengan menggunakan jenis Kendaraan tempur (Ranpur) BTR 50 PM dan BTR 50 PK. Selesai pelaksanaan Lattek drill kering dilanjutkan dengan praktek melaksanakan pendaratan di pantai Banongan, perebutan Sas Ratsus SAS Kogasfib dan Sas pasrat.

Adapun tujuan dari lattek Bhumyamca Yudha agar taruna AAL memiliki ketrampilan dalam melaksanakan tugas aplikasi penguasaan tumpuan pantai, pendaratan khusus serta serangan dan pertahanan dalam operasi amphibi, sehingga dapat mengaplikasikannya dalam kedinasan untuk melaksanakan tugas sebagai Danton Infanteri dan jabatan lain yang setingkat.

Selesai pelaksanaan Lattek Bhumyamca Yudha diharapkan Taruna AAL dapat memiliki gambaran dan memahami peran setiap bagian sesuai tugas pokok masing-masing pada rangkaian latihan operasi pendaratan amfibi, operasi praserbuan, lintas laut, gerakan kapal ke pantai, penguasaan tumpuan pantai dan lintas heli sebagai bekal untuk jenjang lanjutan selama melaksanakan di kedinasan nantinya.

Fram

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.