Tim SAR TNI AL Berhasil Temukan Nelayan Tenggelam Di Lampon Banyuwangi

Spread the love

Jalesveva Jayamahe

Jurnalline.com, Jakarta,- Tim SAR TNI Angkatan Laut dari Pusat Latihan Pertempuran Marinir (Puslatpurmar) 7 Lampon yang tergabung dalam operasi SAR gabungan berhasil menemukan salah seorang nelayan yang dinyatakan hilang dan tenggelam 4 hari yang lalu atas nama Ali Masykur warga Dusun Ringinsari RT. 01 RW. 01 Desa Pesanggaran Kec. Pesanggaran Kab. Banyuwangi dalam keadaan meninggal sekitar pukul 05.30 Wib di sekitaran Batu Mandi, kurang lebih 2 Km dari pantai Lampon. Minggu (30/10).

Bermula dari laporan salah satu warga bahwa ada salah seorang nelayan yang tenggelam saat sedang menebar jaring di laut perairan Lampon, maka Pasiops (Perwira Seksi Operasi) Puslatpurmar 7 Lampon Mayor Marinir Suhartoyo segera memerintahkan Letda Marinir Sigit Wirotomo sebagai Komandan Tim (Dantim) SAR dengan 7 personel.

Selanjutnya, Tim SAR TNI AL berkoordinasi dengan unsur Tim SAR lain serta dibantu dari masyarakat nelayan setempat bersama-sama mencari korban. Setelah 4 hari dilakukan pencarian dan penyisiran, akhirnya korban dapat ditemukan dalam kondisi meninggal dunia. Kemudian jenazah Ali Masykur dievakuasi dari lokasi penemuan dan dibawa ke Puskesmas Pesanggaran guna dilakukan proses lebih lanjut oleh petugas yang berwenang.

Menanggapi kejadian tersebut Komandan Puslatpurmar (Danpuslatpurmar ) 7 Lampon Letkol Marinir Kardono Syamsu menyampaikan turut berbela sungkawa sedalam-dalamnya kepada keluarga korban dan memberikan apresiasi kepada anggota Puslatpurmar 7 Lampon yang tergabung dalam Tim SAR Gabungan. “Saya sampaikan banyak terima kasih serta penghargaan yang setinggi – tingginya kepada seluruh anggota Tim SAR Puslatpurmar 7 Lampon atas gerak cepat dan pengabdiannya dalam mendukung tugas misi kemanusiaan pencarian korban nelayan yang hilang,” ujarnya.

Aksi cepat tanggap para prajurit TNI AL Puslatpurmar 7 Lampon ini merupakan tindak lanjut dari perintah Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono agar di manapun TNI AL berada harus memberikan manfaat kepada rakyat, cepat tanggap terhadap permasalahan dan kesulitan rakyat.

Fram
Sumber : Dinas Penerangan Angkatan Laut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.