Honai Baru Kepala Desa Mundiba Papua, Yonif R 303 Jalin Silaturahmi

Spread the love

Jurnalline.com, Jakarta – Satgas Satuan Organik Yonif R 303 Kostrad melalui Pos Mayuberi bersama masyarakat membangun kembali honai (Rumah Adat Papua) yang terletak di Kampung Mandiba Kabupaten Ilaga Utara, Papua.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Satuan Organik Yonif R 303/SSM Kostrad Letkol Inf Slamet Faojan M. Han, dalam rilis tertulisnya di Ilaga Kabupaten Puncak, Papua. Senin (28/11/2022).

Dikatakan Dansatgas, selain ramah lingkungan, Honai itu memiliki nilai kearifan lokal yang harus dijaga dan dipertahankan masyarakat adat Papua.

“Kami senang dapat membantu masyarakat dalam membangun Honai, terlebih hal ini turut menjunjung tinggi nilai kearifan lokal masyarakat yang ada di Papua, disisi lain kami hadir di tanah Papua ini membawa kedamaian dan selalu berusaha memberikan solusi bagi sesama,” kata Dansatgas.

Kegiatan membangun honai bersama dipimpin oleh Danpos Mayuberi Lettu Inf Riski Beny. TNI bersama dengan warga bergotong royong membangun Honai baru untuk Kepala Desa Kampung Mundiba.

“Kegiatan ini merupakan salah satu sarana komunikasi sosial yang dilaksanakan oleh Satgas Yonif R 303 Kostrad dengan tujuan untuk membantu pembuatan honai, guna mempererat hubungan baik seluruh komponen masyarakat dan membangun kemanunggalan TNI-rakyat,” ungkapnya.

Menurut dia, pembuatan honai yang dilakukan anggota satgas itu membuktikan kerja sama antara TNI dengan masyarakat masih tetap terjalin dengan baik.

“Bahwa dengan membantu masyarakat merupakan bukti nyata TNI dan masyarakat akan senantiasa melestarikan nilai-nilai kebersamaan dan kegotong-royongan yang merupakan budaya bangsa kita yang harus tetap kita pertahankan,” tambahnya.

Yerminus Hagabal (40) selaku kepala Desa Kampung Mundiba menyampaikan banyak terima kasih kepada anggota Satgas 303 yang telah membantu membuat honai.

“Terimah kasih kepada bapak – bapak anggota Satgas 303 yang mau meluangkan waktunya untuk membantu kegiatan pembuatan honai bersama – sama dengan kami, semoga apa yang bapak – bapak TNI lakukan, selalu diberikan perlindungan dalam menjalankan tugasnya,” ungkapnya.

Alex
Penkostrad

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.