Kasrem 131Stg Hengky Yudha Setiawan Buka Latihan Penanggulangan Bencana

Spread the love

Jurnalline.com, Minahasa – Upacara pembukaan latihan penanggulangan bencana alam Korem 131/Stg TA. 2022 yang dilaksanakan diwilayah Teritorial Kodim 1302/Minahasa lebih tepatnya digelar di Stadion Babe Palar, Kelurahan Walian, Kecamatan Tomohon Selatan, Kota Tomohon, Provinsi Sulawesi Utara, dibuka secara resmi oleh Kepala Staf Korem ( Kasrem ) Kolonel Inf  Hengky Yudha Setiawan, pada Senin (14/11/2022) pukul 09.00wita.

Adapun Upacara pembukaan latihan penanggulangan bencana tersebut ditandai dengan pemasangan pita tanda peserta latihan kepada perwakilan yang ditunjuk, dalam upacara ini yang bertindak sebagai Komandan Upacara adalah Kepala Staf Kodim ( Kasdim ) 1302/Minahasa Mayor Inf Vino Satria Onibala S.Pt, dan yang bertindak sebagai Perwira Upacara adalah Perwira Seksi Personalia ( Pasi Pers ) Kodim 1302/Minahasa Letnan Satu ( Lettu ) Inf Farisnop Oempoe, sedangkan perserta upacara terdiri dari, 1- Satuan Setingkat Kompi ( SSK ) Kodim 1302/Minahasa, 1-SSK Kodim 1309/Manado, 1-SSK Kodim 1310/Bitung, 1-SSK Korem 131/Stg, 1-SST Polres Tomohon, 1-SSK Gabungan BPBD/Damkar/Dishub/Dinkes.

Pada kesempatan ini Kepala Staf Korem 131/Srg membacakan sambutan tertulis Danrem 131/Stg, bahwa Pelaksanaan Latihan Penanggulangan Bencana Alam ini bertujuan untuk Memelihara dan meningkatkan kemampuan satuan teritorial dalam merencanakan, mempersiapkan dan melaksanakan penanggulangan bencana alam,

“Latihan penanggulangan bencana alam sangat penting sebagai bekal menghadapi bencana, sebab bencana itu ada dan tidak tahu kapan terjadi.
Untuk itu, setiap Stakeholder dengan mengikuti latihan penangulangan bencana bisa memahami dalam mengambil keputusan terkait bencana alam, mampu berkoordinasi dengan pihak lain yang memiliki tugas penanggulangan bencana alam tersebut.” Tukasnya

Sementara itu mengingat pentingnya pelaksanaan kegiatan latihan penanggulangan bencana alam ini, saya mengharapkan kepada para  peserta latihan agar dapat melaksanakan kegiatan ini dengan sungguh-sungguh, bersemangat dan penuh rasa tanggung jawab, sehingga tujuan pelaksanaan latihan penanggulangan bencana alam ini benar-benar dapat terwujud sesuai harapan.

Adapun Kegiatan latihan ini merupakan program latihan dari Korem 131/Stg,  khususnya dalam rangka penanggulangan bencana alam.

Kegiatan dilaksanakan 5 hari kedepan, dan untuk materi latihan bencana alam ini disesuaikan kondisi kultur wilayah di Kota Tomohon sendiri sering adanya aktivitas gunung Lokon yang masih Aktif sampai saat ini. Dalam latihan ini kita  melibatkan stakeholder lain, dari  BPBD, Dinas Kesehatan, Tagana,  Basarnas, Kepolisian dan TNI agar terjadi sinkronisasi yang  baik di lapangan, sehingga dengan adanya latihan, mereka  manakala terjadi bencana alam yang sesungguhnya mereka sudah mengerti akan tugasnya, “Tandasnya.

Turut hadir Asisten 1 Kota Tomohon ODS Mandagi, Dandim 1302/Minahasa Letkol Inf Ircham Effendy, Kepala Basarnas Provinsi Sulawesi Utara Monce Brury S.Ip, Kabag Ops Polres Tomohon Temmy Toni S.Ik, Kadiskes Kota Tomohon dr. Jony Lumopa, Kadisos Kota Tomohon Vonie F. Montolalu S.Pd, Kaban BPBD Kota Tomohon Hengky Y. Supit, Plt Kasat Pol.PP Stenly Carool Mokorimba, SH.

(IskandarEffendy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.