Kerja Bakti Bersihkan Kali Ciliwung, Kostrad Bantu Pemprov DKI Jakarta

Spread the love

Jurnalline.com, Jakarta – Kostrad turut serta dalam kerja bakti bersama dalam rangka karya bakti pembersihan kali Ciliwung, wilayah Tugu Tani hingga Masjid Istiqlal yang digelar oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Lingkungan Hidup dan melibatkan Kopassus, Marinir, Brimob, jajaran Pemprov DKI Jakarta serta sejumlah elemen masyarakat peduli. Kerja bakti itu digelar di Sungai Ciliwung

Sebelum pelaksanaan, unsur-unsur yang terlibat melaksanakan apel kesiapan yang dipimpin oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta Bpk. Asep Kuswanto, S.E., M.Si. mewakili Pj. Gubernur DKI Jakarta dan turut dihadiri Asren Kostrad, Aspers Kaskostrad, Aster Kaskostrad, Aster Danjen Kopassus serta sejumlah pejabat perwakilan dari Marinir, Brimob maupun Pemprov DKI bertempat di Markas Kostrad, Gambir, Jakarta Pusat. Kamis (10/11).

Pj. Gubernur DKI Jakarta Bapak Heru Budi Hartono dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta mengatakan bahwa kerja bakti bersama ini dalam rangka mengembalikan fungsi Sungai Ciliwung sebagai ekosistem maupun sumber air bersih bagi warga Jakarta.

“Diharapkan melalui kerja bakti ini dapat membuahkan hasil sehingga kebersihan Sungai Ciliwung dapat terjaga,” jelasnya.

Gubernur juga menambahkan bahwa keterlibatan Kostrad, Kopassus, Marinir dan Brimob, tidak lepas dari faktor historis keberadaannya yang dekat dengan Sungai Ciliwung sebagai bagian tidak terpisahkan dari perkembangan Kota Jakarta.

Sektor pembersihan diprioritaskan di lima titik sepanjang aliran Sungai Ciliwung, antara lain jembatan Kwitang, Mabes AD, Kementerian Luar Negeri, Kementerian Agama dan Masjid Istiqlal dengan sasaran sampah-sampah yang menumpuk di bantaran maupun aliran sungai.

Untuk mendukung kerja bakti ini, Kostrad mengerahkan satu Kompi (SSK) pasukan siaga dari Yonif PR 328 Kostrad yang ditempatkan di tiap-tiap titik, masing-masing sejumlah 20 personel.

Alex
Penkostrad

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.