Ketua Pengurus Cabang Surabaya Yayasan Hang Tuah Buka Lomba Cipta Media Pembelajaran dan Lomba Dongeng

Spread the love

Jurnalline.com, Surabaya – 14 Guru TK Hang Tuah dan 20 Guru SD,SMP,SMA dan SMK KAL terlibat dalam adu kecerdasan mendongeng dan Lomba Cipta Media Pembelajaran berlangsung di SMA Hang Tuah 2 Sidoarjo yang dibuka secara langsung oleh Ketua Pengurus Cabang Surabaya Yayasan Hang Tuah Kolonel Laut (KH) Suryanto Hadiwidodo, S.Si., M.Pd., CTMP., CHRMP Rabu,(30/11/22)

Ketua Panitia Lomba Dongeng Erna Meydiawati, S.Pd yang kesehariannya selaku Guru TK Hang Tuah 4 melaporkan kesiapan lomba dengan peserta 14 guru dari jajaran guru TK di Cabang Surabaya Yayasan Hang Tuah dengan mengambil juri Anies Listyowati. M.Pd dan Agus Setyono, S.Pd dari UNIPA Surabaya.

Dalam lomba dongeng kali ini mengambil tema : “ Literasikan Budaya Dongeng Sebagai Penguat Profil Pelajar Pancasila Bagi Anak Usia Dini”. Selain mengembangkan penguatan profil pelajar pancasila, mendongeng dapat melatih motorik anak, meningkatkan kimistri antara orang tua/guru dengan anak, sebagai salah satu cara untuk mendidik dan mengajarkan anak, serta melatih gestur atau kebutuhan gerak tubuh anak. Selain itu mendongeng merupakan bentuk literasi yang sangat komplit sekali. Mulai dari menulis, membaca, berbicara dan menyimak.

Dengan adanya lomba ini diharapkan guru PAUD agar terus berkarya, memotivasi semangat guru dalam memberikan pendidikan terbaik, sehingga anak-anak bisa mengambil manfaat atas apa yang diberikan guru, memberi kesempatan pada guru untuk mengasah kemampuannya sehingga dapat mengikuti lomba mendongeng pada tingkat atau ajang kompetisi yang lebih tinggi baik tingkat kabupaten/kota maupun nasional.

Pada bagian lain juga dilaksanakan lomba Cipta Media Pembelajaran yang di ikuti oleh 20 guru ( SD, SMP, SMA dan SMK KAL). Bertindak selaku Ketua Panitia Emy Wahyuni, S.Pd, M.Pd yang kesehariannya selaku Kasadik TK Hang Tuah 22 Sidoarjo. Lomba mengambil tema : “Ciptakan Inovsi Media Pembelajaran Bermakna Menuju Kelas Merdeka Belajar”. Media merupakan suatu alat atau sarana atau perangkat yang berfungsi untuk menyampaikan informasi dan dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari guru kepada peserta didik sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan minat pembelajaran yang menjurus kearah terjadinya proses belajar. Merdeka belajar membuka ruang interaksi antara guru dan peserta didik semakin terbuka. Kondisi mendukung pembelajaran lebih interaktif sekaligus komunikatif.

Ketua Pengurus Yayasan Hang Tuah Cabang Surabaya Kolonel Laut (KH) Suryanto Hadiwidodo, S.Si., M.Pd., CTMP., CHRMP disela-sela lomba berlangsung di damping ketua panitia lomba melihat dari dekat pelaksanan lomba yang berlangsung mulai jam 08.00. Lomba mendongeng setiap peserta di alokasikan waktu 10 menit, sedangkan pada lomba Cipta Media Pembelajaran, peserta di alokasikan 15 menit. Tim juri di datangkan dari Balai Besar Guru Penggerak Provinsi Jawa Timur Abdul Rahman , S.Pd. M.Ed dan Hanes Hery Pujianto, S.Kom., M.Pd.

Katagori Lomba Cipta Media Pembelajaran dilingkungan Yayasan Hang Tuah Cabang Surabaya antara lain berupa Game Pembelajaran, poster, media interaktif, aplikasi android, Video Pembelajaran, Pembelajaran Film, Video tutorial, Media pembelajaran digital. Hasil dari kedua lomba kali ini baru akan diumumkan pada saat Puncak Peringatan HUT Yayasan Hang Tuah ke-76 yang akan jatuh 14 Januari 2023 mendatang

Fram/yht

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.