Kodim 0505/JT Menggelar Time Table Tactical Floor Game (TFG) Latgulben

Spread the love

Jurnalline.com, Jakarta – Kodim 0505/Jakarta timur, Dalam rangka mengantisipasi penanggulangan bencana alam banjir di wilayah Jajaran Korem 051/Wkt dengan dipandu melalui Video Troon tentang kesiapan Kodim 0505/JT bekerjasama dengan Stakeholder (BPBD, Basarnas TNI-POLRI dan Pemda) melaksanakan Gladi model (TFG) dalam rangka Latgulben bertempat di Aula Makodim 0505/JT jln. Dr. Sumarno Pulogebang Cakung, Rabu (30/11/22).

Penyampaian Pasi Ops Mayor Inf Agus, Program Latihan penanggulangan bencana alam (Latgulben) adalah merupakan program kerja yang harus dilaksanakan agar kedepannya pada saat terjadi bencana alam banjir Apkowil bersama BPBD, TNI-POLRI dan Pemda sudah siap dengan langkah-langkah penyiapan dan pertolongan terhadap korban banjir.

Narasumber Kapten Inf Supriyatno pada Giat Latgulben menyampaikan skenario latihan melalui peta didenah latihan yang telah disiapkan yaitu, Kepala BMKG menyampaikan peringatan dini bahaya bencana alam banjir karena adanya potensi peningkatan curah hujan pada periode musim hujan tersebut maka perlu kewaspadaan dan siagaan terhadap potensi curah hujan tinggi yang berpotensi memicu bencana banjir.

Latgulben ini melibatkan peserta dari seluruh stakeholder terkait tanggap bencana, nantinya peserta akan diberikan pelatihan dan mater-materi mengenai Penanggulangan Bencana Alam dari narasumber antara lain, Pasi Ops Mayor Inf Agus, Danramil 06/Cakung Kapten Inf Supriyatno, Danramil 01/Jatinegara Letkol Czi Jarmadi, BPBD, SAR, Kominfo dan Dinas kesehatan, kemudian dilatihkan secara TFG (Gladi Peta Model) juga simulasi (praktek lapangan). Selama 2 hari mulai 30 November s.d 01 Desember.

Pada kesempatan tersebut Kapten Inf Supriyatno menjelaskan bahwa Latgulben ini dalam rangka melatih kesiapsiagaan dari TNI-POLRI dan stakholder lainnya dan dibantu oleh masyarakat didalam menghadapi bencana alam. Bagaimana koordinasi dari semua stakeholder pada saat terjadi bencana alam, sehingga dapat memberikan respon cepat terhadap penanggulangan bencana serta dapat meminimalisir sekecil mungkin dampak yang terjadi.

Walikota Administrasi Jakarta timur mengapresiasi kegiatan latgulben oleh Kodim 0505/Jakarta timur, BPBD, Basarnas, Tenaga Kesehatan dan stakholder lainnya atas terlaksananya Latihan penanggulangan bencana alam ini dengan aman kondusif.

Satuan Hadir Giat latgulben, Kodim 0505/JT, Yonkav-7/PS, Polres Jaktim, BPBD, Basarnas, Pomdam Jaya, Bekangdam Jaya, Kesdam Jaya, Pendam, Dinas Bina marga, Dinas LH, Tata Air, Pertamanan, Dinkes, Dishub, Dinsos, Satpol-PP, PDAM, PLN, Damkar dan PMI.

Fram
*Sumber Kodim 0505/Jakarta timur*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.