TNI AL Laksanakan Operasi Cesar di Atas KRI, Kasal Langsung Beri Nama

Spread the love

Jalesveva Jayamahe

Jurnalline.com, Tidore, – Ada kejadian menarik saat pelaksanaan kegiatan Bakti Kesehatan Surya Bhaskara Jaya (SBJ) Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL), dimana personel kesehatan yang melaksanakan kegiatan tersebut berhasil membantu proses persalinan 3 orang warga Tidore melalui operasi cesar yang dilaksanakan di atas Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) dr. Wahidin Sudirohusodo (WSH) – 991 di Dermaga Trikora, Tidore, Maluku Utara. Kamis (24/11).

Ketiga orang warga Tidore yang berhasil dibantu proses kelahirannya melalui operasi cesar tersebut adalah Rini Muriyawati yang melahirkan bayinya pada pukul 08.45 WIT, Hafni Akadir pada pukul 09.48 dan Zulaikha Muksin pada pukul 11.25 WIT. Kejadian menarik ini mendapat apresiasi positif Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, dimana Kasal atas persetujuan orang tua bayi langsung memberi nama kepada ketiga bayi yang lahir diatas KRI WHS-991 yang juga merupakan salah satu kapal jenis Bantu Rumah Sakit (BRS) milik TNI AL tersebut.

Ketiga nama yang dipilih Kasal adalah Wahidin Baskara yang diberikan kepada bayi dari pasangan Zulaikha Muksin dan Rauf Abdulrahim, Navy Suryawati diberikan kepada bayi dari pasangan Hafni Akadir dan Syarifudin Ali dan Navy Jaleswari diberikan kepada bayi dari pasangan Rini Mulyawati dan Iswan. Hingga saat ini kondisi baik Ibu dan bayi semuanya dalam keadaan sehat dan masih berada di atas KRI WSH – 991 untuk proses pemulihan pasca operasi serta terus dipantau perkembangan kesehatan ibu dan bayinya.

Dalam pelaksanaan Bakti Kesehatan yang dilaksanakan mulai tanggal 24 – 26 November 2002 yang dihadiri oleh ribuan masyarakat Tidore ini, TNI Angkatan Laut berkolaborasi dengan Dinkes Kota Tidore dan RSUD Kota Tidore yaitu dengan mengerjakan pengobatan umum, pengobatan gigi, operasi katarak, operasi major, operasi bibir sumbing, pelayanan Keluarga Berencana  Metode Operasi Wanita (MOW) , Metode Operasi Pria (MOP), kebidanan (Obsgyn), donor darah dan khitan/bedah minor yang semuanya dilaksanakan di atas KRI WSH – 991.

Selain melaksanakan bakti kesehatan, pada pelaksanaan Kegiatan Bakti sosial SBJ di Tidore kali ini, TNI AL juga melaksanakan kegiatan penyerahan bahan kontak berupa sembako kepada kepada sekitar 400 masyarakat Tidore yang telah dilaksanakan pada hari Rabu (23/11).

Seluruh rangkaian kegiatan pada SBJ ini dilaksanakan untuk mendukung Sail Tidore Tahun 2022 yang mengambil tema “TNI Angkatan Laut Melaksanakan Bakti TNI AL di Wilayah Kota Tidore Kepulauan dan Kabupaten Halmahera Utara untuk Membantu Pemerintah Daerah dalam Upaya Meningkatkan Kesejahteraan dan Kesehatan Masyarakat Menuju Indonesia Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”.

Kegiatan SBJ yang dipimpin langsung oleh Dansatgas SBJ Kolonel Marinir Budi Santosa dan Wadan Satgas Kolonel Laut (K) dr. Rudi P. Napitupulu ini sesuai dengan perintah Kasal Laksamana TNI Yudo Margono kepada seluruh jajaran TNI AL bahwa dimanapun TNI AL berada harus memberikan manfaat bagi masyarakat.

Fram
Dinas Penerangan Angkatan Laut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.