Bupati ROR Bahas Kesiapan Unsur Terkait Jelang Nataru

Spread the love

Jurnalline.com, Minahasa – Pemerintah Kabupaten Minahasa bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah melaksanakan Rapat Koordinasi dalam rangka persiapan menjelang Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru) bertempat di Astoun Hill Desa Peleloan, Kecamatan Tondano Selatan, Senin (9/12/2022).

Diinisiasi oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Minahasa,
Rakor Forkopimda akhir tahun yang dipimpin langsung oleh Bupati Minahasa Dr. Ir Rroyke Octavian Roring, MSi (ROR).

Bupati ROR mengatakan bahwa rapat kali ini membahas tentang kesiapan seluruh unsur Forkopimda menghadapi Natal pada 25 Desember 2022 dan Tahun Baru 1 Januari 2023.

“Pertama kita harus berdoa semoga terhindar dari cuaca ekstrim memasuki Nataru. Selanjutnya mengantisipasi berbagai hal, terutama menyangkut Kamtibmas, gangguan-gangguna di masa ibadah malam natal dan tahun baru nanti,” ujar Bupati ROR

Dirinya meminta kepada pihak Polres Minahasa supaya dapat memaparkan rencana dan persiapan pengamanan sebelum perayaan Natal 25 Desember dan sesudah natal hingga Tahun baru 1 Januari 2023.

“Diantaranya untuk mendirikan pos-pos pelayanan masyarakat, pihaknya sudah berkoordinasi dengan pihak Polres. Dimana pos tersebut akan didirikan di sejumlah titik. Pertama di jalan Boulefard Tondano, kemudian di Kawangkoan, Langowan dan Tombariri. Jadi, ada 4 pos yang akan dibentuk Polres Minahasa ini, akan bekerja sama dengan semua instansi terkait termasuk Dinas Kesehatan,”

Adapun jelang Nataru, ketersediaan bahan pokok agar aman dan terkendali, harus diperhatikan Dinas Perdagangan Minahasa. Selain itu, termasuk ketersediaan gas LPG di pangkalan-pangkalan karena semua itu untuk kebutuhan masyarqkat dan akan menjadi perhatian Pemkab Minahasa.

“Diketahui Poin-poin yang dibahas dalam rapat Forkopimda, selain Pengamanan dan ketersediaan Sembako serta LPG. Juga masuk dalam pembahasan adalah knal pot racing roda dua, saat keluarga mengantar jenazah ke pekuburan yang sering membuat masyarakat merasa kurang aman. kemudian PLN dan PDAM, dimana dua badan usaha tersebut sangat dibutuhkan masyarakat dan perlu menjadi perhatian,” tandas Bupati ROR

Selanjutnya
Jelang Nataru Bupati ROR Himbau Masyarakat Jaga Kamtibmas.

Bupati ROR juga mengatakan bahwa jelang Nataru biasanya Minuman Beralkohol sering memicu terjadinya masalah.

“Untuk itu, Minuman Keras (Miras) jenis cap tikus ini menjadi perhatian pemerinta dan pihak berwajib dalam hal ini Polres Minahasa.”

Dirinya mintakan agar warung-warung yang menjual Miras jenis cap tikus dibatasi, karena hal tersebut akan memicu terjadinya masalah.

“Meski tahun ini, angka kriminal berkurang sesuai laporan Kapolres tapi jika tidak diawasi, tentu angka tersebut akan meningkat. Jadi, berharap kepada kita semua supaya saling menjaga agar perayaan Nataru nanti boleh berjalan aman dan lancar,” harapnya.

Hadir dalam kegiatan ini, Bupati Dr.Ir Royke O.Roring, Ketua DPRD Glady Kandou.SE, Kapolres AKBP.Tommy Bambang Souissa SIK, Dandim 1302/Minahasa yang diwakili Pasi Pers Lettu Inf.Farisnop Ompoe, Dandim 1309/Manado yang diwakili Danramil PTM.Peltu.Frets Wahani, Ketua Pengadilan Negeri Tondano Nova L.Sasube SH.MH, Kajari Tondano Dicky Oktafian SH.MH, Assisten 1 Pemerintahan Drs.Riviva Maringka MSi, Kadis Kominfo Maya Kainde SH.M.Ap, Kadis Sosial Dr.Maya Rambitan.M.Kes, Kaban BPBD Novry Lontaan ST, Kaban Kesbangpol Yanny Moniung, Dirut RSUD Tondano dr Nancy Mondong, Dirut PDAM Rendy Rompas, Kasat Intelkam Polres Minahasa AKP.Destam Dumat SH beserta sejumlah Kadis dan Kaban.

(IskandarEffendy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.