Catatan Akhir Tahun Minahasa2022 Kepemimpinan R3D Tulus

Spread the love

Jurnalline.com, Minahasa – Tidak terasa Kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Minahasa Ir. Royke O.Roring, M.Si dan Robby Dondokambey S.Si (R3D) yang diusung PDI Perjuangan serta di dukung oleh Partai Demokrat, Partai Gerindra, Partai Hanura dan Partai Kebangsaan Bangsa dalam Pemilihan Kepala Daerah Minahasa pada tahun 2018 hingga tahun 2023 setahun lagi akan mengakhiri masa tugasnya

Dari Catatan akhir tahun 2022 dan Kajian dilapangan pada penyampaian Visi dan Misi ke KPU Minahasa pada saat pendaftaran pada tanggal 10 Januari 2018 lalu pasangan yang akrab disapa RRRD (R3D) memaparkan bahwa Visi dan Misi disusun berdasarkan ;
1. Iman yang berlandaskan kejernihan nurani dan semangat R3D untuk kejayaan Minahasa sebagai kiblat masyarakat yang cerdas, religius dan berdaya saing,
2. Mempedomani Trisakti – Bung Karno, Nawacita – Jokowi dan ODSK.
3. Perspektif kebersamaan dengan seluruh unsur pendukung sebagai bentuk cita-cita menuju Minahasa Hebat.
4. Memperhatikan fundamental unsur stakeholder pembangunan dan pembahasan bersama Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Jurnalis dan LSM.

Visi dan Misi
Minahasa maju dalam Ekonomi Budaya, Adil Sejahtera.
1. Mewujudkan kemandirian ekonomi dengan mendorong sektor pertanian, perikanan dan pariwisata.
2. Mewujudkan pengembangan kewilayahan dengan prinsip pembangunan berkelanjutan .
3. Meningkatkan pembangunam sumberdaya manusia yang berbudaya dan berdaya saing.
4. Meningkatkan pemerataan kesejahteraan masyarakat yang berkeadilan.
5. Memantapkan manajemen birokrasi yang berprofesional melalui tata kelola pemerintahan yang baik.
Sepuluh Sasaran Pembangunan menuju Minahasa Hebat :
1. Mapalus ( Masyarakat peduli dan tulus untuk sesama )
2. R3D ( Rakyat Ramah, Rukun dan Damai )
3. R3D Tondano ( Rehabilitasi, Revitalisasi Danau Tondano)
4. Sumikolah
5. Lansia Sehat
6. RTLH
7. Pembangunan Infrastruktur
8. Pertanian, Perikanan dan Pariwisata
9. Lingkungan Hidup, pemanfaatan Energi Terbarukan
10. Birokrasi Handal dan Profesional.

Namun dari kajian dilapangan, sepertinya peran Kepala OPD terhadap program kurang terpublikasi, kepala dinas jarang berada dikantor, program RTLH Dinas Perkim, PDAM belum maksimal ke kemasyarakat, Dinkes disetiap PKM belum maksimal, Pelayanan program Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, publikasi anggaran media di Kantor DPRD Kab.Minahasa yang jauh dari harapan sebab banyak awak media yang tidak terakomodir melalui kerjasama publikasi , juga OPD lain ditahun anggaran 2023 nanti masyarakat berharap kepelayanan publik harus semakin baik.

“Hal ini Berdasarkan perspektif kebersamaan bersama dengan seluruh pemangku kepentingan upaya mewujudkan Minahasa Maju Dalam Ekonomi Berdaulat Adil dan Sejahterah.”

Memberi Apresiasi kepada Dinas Kominfo, BKPSDM, yang terus memberikan Pelayanannya kepada masyarakat tanpa Pamrih dengan dinahkodai sosok kepala yang takut akan Tuhan inilah contoh untuk Dinas Kantor lain untuk memacuh peningkatan pelayanan publik kemasyarakat sesuai Visi dan Misi Prioritas Bupati Wakil Bupati Dr.Ir Royke O.Roring, M.Si Asean.Eng dan Dr Robby Dondokambey, S.Si MM.

Sebagai bentuk cita-cita menuju Minahasa Hebat, tahun mendatang para kepala OPD dapat memperhatikan fundamental unsur stakeholder pembangunan dan pembahasannya bersama Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Jurnalis dan LSM terkait.

“Cita cita harapan Menuju Minahasa Bangkit dari Bupati ROR, Wakil Bupati RD kiranya Pemerintah semakin Tulus dalam pembangunan disegala Bidang. Terutama dalam Pengembangan Pembangunan Infrastruktur, layanan Pertanian, Perikanan dan Pariwisata, Lingkungan Hidup dan pemanfaatan Energi Terbarukan dan Birokrasi Handal dan Profesional ini adalah harapan masyarakat Minahasa Berdaulat adil dan Sejahterah.”

Adapun dalam mewujudkan Minahasa Emas tahun 2024, sosok pemimpin mendatang adalah yang Tulus dan Peduli terhadap masyarakat kecil dan lapangan kerja menuju Kemandirian Ekonomi Pembangunan Berkelanjutan, adalah kunci
Menuju Kabupaten minahasa yang Beriman Bertagwa Berakhlak Cinta Damai.

(IskandarEffendy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.