Ibadah Perayaan Malam Natal Di Gereja GMIT Maranatha Oebufu Kota Kupang Dihadiri Sekitar 4 Ribu lebih Jemaat

Spread the love

Jurnalline.com, Rote Ndao (NTT) – Ibadah Perayaan Malam Natal di gereja Maranatha Oebufu kota kupang, sabtu(24 Desember 2022) berjalan dengan lancar aman dan hikmah

Ibadah tersebut berlangsung 2 kali kebaktian yakni pada pukul 16.00 (jam 4 sore) yakni dipimpin Pdt. Soleman A. Uli Loni. STh dan ke 2 pukul 18.00 wita (jam 6 sore) dipimpin Pdt. Desiana Rondo-Effendy . MTh dengan menggunakan liturgi sinode GMIT bertema YESUS lahir ditengah kerapuhan manusia dan berangkat dari dasar pembacaan firman Tuhan dari Injil Lukas 2:1-20.

Dalam khotbahnya Pdt Desiana Rondo Effendy MTh menekankan tentang bagaimana berita sukacita Natal itu justru datang pertama kepada para gembala yang menjaga kawanan ternak mereka saat malam gelap pekat di padang rimba yang gelap. Saat itulah, Terang Sorgawi lewat malaikat Tuhan hadir di tengah kelelahan, kecapaian dan kerapuhan hati mereka, para orang kecil golongan kaum lemah yang miskin.
Mereka kaget, panik dan takut, tapi suara menggema menenangkan hati mereka :
‘Jangan takut, sebab sesungguhnya aku memberitakan kepadamu kesukaan besar untuk seluruh bangsa.

Hari ini telah lahir bagimu JuruSelamat yaitu Kristus, Tuhan di kota Daud. (Lykas 2 :10-11)

Pendeta Desiana Effendy mengatakan, bukan hanya malaikat itu saja yang datang membawa berita sukacita itu, tapi datang pula sejumlah besar bala tentara sorga yang memuji Allah dgn nyanyian dan puji-puji lan menggema di padang Efrata malam gelap pekat itu.
Apa yg dilakukan orang-orang kecil para gembala dlm kegalauan dan dalam segala keterbatasan keadaan mereka seperti saat itu.? Apakah mrk tetap takut lalu diam begitu saja.? TIDAK.!!!
Bahkan mereka,saling mengajak satu sama lain, dan mereka bangkit dari kelemahan dan ketidak berdayaan mereka itu lalu pergi ke Betlehem utk membuktikan kebenaran brita dari malaikat kpd mereka itu tandasnya.

Dan selanjutnya, Setelah mereka bertemu bayi mungil di kandang hewan itu mereka pun kembali lagi ke kawanan ternak di padang sambil terus memuliakan kebesaran dan kemuliaan kuasa kasih Tuhan yang tercurah bagi umat manusia.

Lewat pristiwa Natal dengan lahirnya Sang Juru selamat dunia itu, apa makna penting yang dapat kita petik dari berita sukacita besar bagi kita orang-orang berdosa ini, kata pendeta Desy dengan sedikit bertanya sambil menjawab, Tuhan sangat peduli kpd orang
kecil, miskin dan terlantar. Juga Tuhan slalu mau hadir dalam
kerapuhan hati dan hidup kita.

Selanjutnya ia tekankan bahwa Tuhan setia mau memberi sukacita baru bagi setiap orang yang mau hidup rendah hati.

Juga dia mengungkapkan, Tuhan sllu dtg menolong tiap org yg mengandalkn
kehadiranNya

Begitu pula menurut pendeta Effendy itu, Tuhan akn beri kemuliaanNya
bgi org² terbuang dan miskin

Bahkan Tuhan beri berkat damai sejahtra bgi org yg taat pd perintah dan kehendakNya,demikian pendeta desy effendy dlm hotbha nya.

Supaya diketahui Kebaktian perayaan Natal tsb dimeriahkan oleh tari²an kreasi Natal oleh remaja² PPA JMO dan pujian dan paduan suara serta/vocal grup maranatha.

Penulis : daniel helmy panie
Kontributor : NTT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.