Ketua Umum Yayasan Hang Tuah Buka Pembukaan Perkemahan “Jejak Langkah Laskar Bahari” 2022

Spread the love

Jurnalline.com, Jakarta – SMP Hang Tuah 2 Jakarta melakukan terobosan spekrakuler (07-09) Desember 2022 dengan menggelar Perkemahan “ Jejak Langkah Laskar Bahari “ 2022 yang di laksanakan Di Bumi Perkemahan Pos Tni Al Tanjung Pasir. Perkemahan ini di buka langsung oleh Ketua Umum Yayasan Hang Tuah Laksda (Purn) . DR. Dani Achdani, S.Sos.,S.E.,M.A.P

Peserta Perkemahan “ Jejak Langkah Laskar Bahari” 2022 merupakan seluruh siswa SMP Hang Tuah 2 Jakarta kelas VII sebanyak 138 siswa tahun ajaran 2022/2023 dengan 11 siswa kelas VIII sebagai tim mentornya serta 25 guru pendamping yang di pimpin langsung oleh Kasatdik SMP Hang Tuah 2 Jakarta Drs Aris Supriyanto.

Kasatdik SMP Hang Tuah 2 Drs Aris Supriyanto menyampaikan laporan kepada Ketum YHH bahwa kegiatan ini merupakan bentuk Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dilakukan secara fleksibel dari segi muatan, kegiatan, dan waktu pelaksanaan oleh satuan pendidikan. Dalam pelaksanaannya, kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila akan dikemas melalui kegiatan perkemahan kepramukaan. Selain itu, kegiatan tersebut akan berkesinambungan dengan mata pelajaran kebaharian.

Ketua Umum Yayasan Hang Tuah Laksda (Purn) . DR. Dani Achdani, S.Sos.,S.E.,M.A.P dalam sambutan pada pelaksanaan Pembukaan Perkemahan “ Jejak Langkah Laskar Baharui “ 2022 mengutarakan bahwa konsep pembelajaran di sekolah bukanlah satu-satunya bekal bagi siswa untuk terjun ke tengah masyarakat setelah menyelesaikan studinya nanti. Salah satu alternatif yang perlu dipahami adalah mencari, melihat, dan menambah wawasan dengan jalan melihat dan merasakan langsung ke tempat yang menjadi ranah tambahan ilmu pengetahuan, sehingga siswa dapat membandingkan teori kebahariaan di sekolah dengan dunia nyata atau secara praktek.

Oleh karena itu dengan dilaksanakannya kegiatan diluar sekolah seperti pada perkemahan ini adalah merupakan pembelajaran secara langsung menyatu bersama alam dengan melihat dan merasakan langsung sehingga siswa mendapatkan pengalaman, seperti yang diamanatkan dalam capain pembelajaran pada Implementasi Kurikulum Merdeka, sehingga tepat saat ini dilaksanakannya perkemahan “Jejak Langkah Laskar Bahari “ yang dikemas kedalam kegiatan ekskul wajib kepramukaan sesuai dengan Permendikbud No 81 A, dimana gerakan pramuka lahir sebagai satu-satunya organisasi kepanduan yang mengedepankan pendidikan watak dan kepribadian, menumbuhkan semangat jiwa patriotik dan jiwa bela negara berdasarkan nilai-nilai universal yang terkandung dalam Dasa Darma Pramuka.

Salah satu ciri khas sekolah-sekolah yang berada dalam binaan Yayasan Hang Tuah adalah kurikulumnya memuat materi pelajaran kebaharian. Materi pelajaran kebaharian salah satu materi didalamnya memuat tentang sejarah kebudayaan bahari di Indonesia, wilayah yurisdiksi nasional, khazanah kekayaan alam laut Indonesia dan keanekaragaman flora dan fauna. Hal ini tentu saja sejalan dengan apa yang di sampaikan oleh Ketua Pembina Yayasan Hang Tuah Ny. Vero Yudo Margono dan Ketua Pengawas Ny Wiek Ahmadi Heri beberapa waktu lalu .

Sementara itu Ketua Panitia Pelaksana Perkemahan “ Jejak Langkah Laskar Bahari “ 2022 M. Reza Syach Putra, S. Pd, untuk mendukung pencapaian sasaran perkemahan ini dengan moto “ Satyaku Kudarmakan Darmaku Kubaktikan” khususnya di lingkungan Satdik Yayasan Hang Tuah yang sangat mengedepankan Wawasan Kebaharian kepada seluruh siswanya. Maka di berikanlah materi yang meliputi materi dan simulasi Saka Bahari, materi dan simulasi mitigasi bencana, perlombaan masak perkemahan dan hasta karya, penampilan kesenian dengan tim kearifan lokal ( kebudayaan Betawi). Pada pelaksanaan perkemahan ini, materi di sampaikan oleh para guru SMP Hang Tuah 2 serta melibatkab anggota TNI AL dari satuan Yonmarharlan.

Turut hadir dalam upacara Pembukaan Perkemahan “ Jejak Langkah Laskar Bahari “ 2022 seluruh Pengurus Initi Pusat Yayasan Hang Tuah yang terdiri dari Anggota Pembina Bidang Umum Pusat YHT Laksma (Purn) Drs. Rosehan Chaidir, M.A.P , Anggota Pengawas Pusat YHT Laksma (Purn) Nanang Eko Ismurdianto, S.Sos., M.M., C. Fr.A., CRMP, Sekertaris Pusat YHT Eka Agustina , A.Md, Kabidbang Pusat YHT Kol (Purn) Zaenal Abidin Irawan, S.H., M.H, Kabidik Pusat YHT Kol (Purn) Regeng Pramono, S. Kom., M.M. serta Ketua Pengurus Cabang Jakarta Yayasan Hang Tuah Kol (Purn) Drs. Hadi Sutrisno, M.A.P.

fram/yht/dar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.