Lantik Lima Kades Terpilih,Bupati Minta Agar Hati-hati Dalam Pengelolaan Dana Desa

Spread the love

Jurnalline.com, Ogan Ilir (Sumsel) – Bupati Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar berpesan kepada Kades yang baru saja dilantik, agar bijak dan berhati-hati dalam mengunakan Anggaran Dana Desa,hal ini sampaikannya saat melantik Kades terpilih Desa Sunur, Kecamatan Rambang Kuang,Selasa (6/12).

Selain bersinergi dengan pemkab OI dalam melakukan pelayanan dasar kepada masyarakat. Panca juga mengingatkan agar Kades terpilih berhati-hati dalam mengelola Dana Desa,” ungkapnya.

Bukan tanpa alasan, pasalnya telah banyak Kepala Desa di Indonesia yang terjerat hukum akibat salah dalam pengelolaan anggaran Dana Desa tersebut.”Banyak kepala desa yang baik yang kemudian harus berurusan dengan hukum karena ketidak tahuannya dalam mekanisme pengelolaan Anggaran Dana Desa.

Lanjutnya, apabila ragu atau tidak tahu, dirinya menyarankan agar jangan sungkan untuk bertanya kepada Camat juga dinas PMD serta berkonsultasi kepada orang yang faham akan danabtersebut,karena dalam pengelolaan Dana Desa ada mekanisme yang harus kita lakukan,”ungkapnya.

Sebagai upaya keseriusan, agar para Kades di Ogan Ilir tidak terjerat Pidana dalam pengelolaan Anggaran Dana Desa. Baru-baru ini Pemkab Ogan Ilir telah melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) kepada Kades yang tidak mengikuti Pilkades pada 15 Oktober lalu.

“Selanjutnya setelah pelantikan ini, kita juga akan kembali mengadakan Bimtek untuk 172 Kades terpilih yang telah dilantik. Dan nanti kita mintakan arahan pihak Kejari dalam penggunanan Anggaran Dana Desa,” terangnya.

Selain itu,Panca mengatakan tujuan dirinya melaksanakan pelantikan di masing-masing desa bagi Kades terpilih, selain dapat mendengar aspirasi langsung dari masyarakat desa setempat juga untuk melihat potensi dan kondisi setiap desa yang diajukan pelantikan.

“Makanya akan kita lewati, kalau ada jalan tidak baik, kalau Bupatinya lihat tentunya akan kita perbaiki,” terangnya.

Untuk diketahui Bupati Panca hari ini 5 Desember 2022 melantik sebanyak Lima Kades terpilih di Kecamtan Rambang Kuang yakni Kades Desa Sunur Irwandi, Kades Desa Tanjung Bulan Jamil, Kades Desa Tambang Rambang Arya Prima, Desa Sukananti Sya’ban, dan Kades Desa Tangai Sofyan Khalik.

Sy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.