Pemkab Lampung Selatan Terima Kunjungan TP – PKK Kabupaten Pesisir Barat

Spread the love

Jurnalline.com, Lampung Selatan – Pemerintah kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan menerima kunjungan silaturahmi Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Pesisir Barat.

Kedatangan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Pesisir Barat Hj. Septi Istiqlal beserta rombongan, disambut langsung oleh Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto beserta Ketua Tim Penggerak PKK Hj. Winarni di Aula Krakatau, Kantor Bupati setempat, Jum’at (2/12/2022).

Kunjungan ini merupakan ajang mempererat tali silaturahmi sekaligus studi tiru mengenai penanganan stunting di Kabupaten Lampung Selatan melalui program swasembada gizi.

Pada kesempatan itu, Bupati Nanang Ermanto mengucapkan selamat datang kepada Ketua Tim Penggerak PKK Pesisir Barat beserta rombongan di Kabupaten berjuluk Bumi Khagom Mufakat.

Dirinya menjelaskan, terbentuknya Tim Swasembada Gizi berawal dari program Swasembada WC yang merupakan strategi Kabupaten Lampung Selatan, dalam mendorong 100 persen Open Defecation Free (ODF).

“Selamat datang untuk ibu Septi dan rombongan Tim Penggerak PKK di Lampung Selatan. Pada tahun 2013 Lampung Selatan pernah masuk dalam lokus stunting dan ini merupakan PR bagi kita semua,” ungkapnya.

Dengan kerjakeras bersama antara Pemerintah Daerah bersama dengan Tim Penggerak PKK dan seluruh stakeholder terkait, Kabupaten Lampung Selatan berhasil menekan angka stunting di wilayah-wilayah yang menjadi lokus penanganan stunting.

“Bagaimana suatu keterkaitan ini bermanfaat, persoalan stunting dengan kebersamaan dan gotong royong ini bisa kita capai dengan baik. Sehingga, alhamdulillah Kabupaten Lampung Selatan mendapat penghargaan dari Pemerintah Pusat, yang dalam hal ini adalah Bappenas,” jelas Nanang.

Nanang juga berharap dengan berlangsungnya pertemuan pada hari ini, Kabupaten Lampung Selatan dan Kabupaten Pesisir Barat dapat saling bertukar ilmu mengenai pencapaian di wilayah masing-masing.

“Saya harap nanti kita bisa saling bertukar ilmu, saling sharing mengenai penanganan stunting melalui program swasembada gizi serta mengenai keberhasilan Pesisir Barat dalam sektor pariwisata,” ungkap Nanang lebih lanjut.

Sementara itu, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Pesisir Barat Hj. Septi Istiqlal mengaku senang dan menyampaikan ucapan terimakasih atas penyambutan yang telah diberikan.

“Terimakasih kami disambut dengan sangat luar biasa, kalau menurut ibu Bupati kami ini dari Kabupaten Pesisir Barat adalah cucu dari Lampung Selatan. Jadi kalau cucu datang itu memang lebih disayang daripada anak,” ujarnya.

Septi menjelaskan, Kabupaten Pesisir Barat menjadi lokus stunting peringkat kedua se-Provinsi Lampung. Oleh karena itu, dengan dilaksanakannya kunjungan ke Kabupaten Lampung Selatan bisa mendapatkan trik dan tips dalam menekan angka stunting.

“Saya ingin bagaimana caranya stunting di tempat kami bisa turun. Makanya kami ingin datang ke Lampung Selatan dan sharing menenai pola-pola apa yang harus kita lakukan di Pesisir Barat sehingga stunting kita bisa turun. Karena, stunting bukan hanya urusan PKK tapi urusan kita semua,” katanya.

Penulis : Rudi
Sumber : Kominfo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.