Perwira Korps Pelaut Terima Penbekalan

Spread the love

Jurnalline.com, Jakarta – Dalam upaya membangun sumber daya prajurit TNI AL yang unggul dan profesional sesuai dengan perintah Harian Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono, Staf Operasi Angkatan Laut menggelar kegiatan bimbingan teknis pembinaan kepada Perwira Korps Pelaut yang berlangsung di Gedung Laut Nusantara, Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (26/12). Acara tersebut dilaksanakan secara tatap muka yang diikuti oleh Perwira Korps Pelaut wilayah Jakarta dan melalui video conference bagi yang berada di luar Jakarta.

Panglima Kolinlamil Laksda TNI Agus Hariadi dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kepala Staf Kolinlamil Laksma TNI Singgih Sugiarto menyampaikan bahwa suatu kehormatan bagi Kolinlamil dijadikan sebagai tuan rumah tempat diselenggarakannya bimbingan teknis pembinaan Perwira Korps Pelaut yang dilaksanakan secara tatap muka maupun daring. Event seperti ini merupakan wujud perhatian Pimpinan dalam menyiapkan dan mewujudkan Perwira Korps Pelaut sebagai kader pemimpin masa depan TNI AL yang profesional. Forum Bimtek Pembinaan Perwira Korps Pelaut sangat penting untuk dilaksanakan secara rutin dan berkesinambungan. Utamanya untuk penajaman pemahaman mengenai kebijakan-kebijakan tentang pembinaan Korps Pelaut, baik di bidang personel maupun profesi dengan tujuan sebagai sarana komunikasi serta penyampaian kebijakan Asisten Operasi Kasal selaku Pembina Korps Pelaut.

Dalam kegiatan tersebut, Wakil Asisten Operasi Kepala Staf Angkatan Laut (Waasops Kasal) Laksma TNI Retiono Kunto selaku pemimpin acara menyampaikan pembekalannya yang berkaitan dengan “Perwira Korps Pelaut yang Profesional Modern dan Tangguh Guna Mewujudkan TNI AL World Class Navy”. Perwira Korps Pelaut harus memiliki pola pikir, pola tindak dan pola sikap yang matang, kemampuan analisis yang tajam serta cakrawala pandang yang luas sehingga mampu melaksanakan tugas-tugas secara baik. Pada hakikatnya Perwira Korps Pelaut adalah Perwira yang dipersiapkan sebagai pengawak alutsista dimana medan tugasnya adalah di laut. Perwira Korps Pelaut juga merupakan pejuang Sapta Marga yang ditempa sebagai Perwira yang berkarakter, berdarma bakti dan profesional agar mampu menguasai semua aspek keperwiraan khususnya kepelautan mulai dari aspek teknis, taktis, operasi dan strategis serta memiliki tingkat kesehatan dan kesamaptaan prajurit matra laut.

“Di era kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang terus berkembang ini, Perwira Korps Pelaut harus responsif dan peka terhadap dengan hal tersebut yang menjadi ciri-ciri Sistem Senjata Armada Terpadu (SSAT). Oleh karena itu seluruh Perwira Korps Pelaut harus dapat menghayati, menguasai dan mengamalkan ilmu pengetahuan serta keterampilan yang dimiliki untuk menjadikan TNI AL semakin handal dan berdaya guna.” pungkasnya.

Fram
Dispen Kolinlamil

#kasal
#tni_angkatan_laut
#tnialrumahpancasila
#jalesvevajayamahe
#indonesiannavy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.