Prajurit Lantamal XI Mengikuti Safari Bintal dari Disbintalal Tahun 2022

Spread the love

Jurnalline.com, TNI AL, Lantamal XI, 12 Desember 2022. Lantamal XI – Prajurit Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) XI Merauke mengikuti acara Safari Bintal (Pembinaan Mental Terpadu Tahun 2022) di Gedung Balai Prajurit (Bapra) Frans Kaisepo Mako Lantamal XI serta diikuti oleh seluruh personil jajaran TNI Angkatan Laut di seluruh Indonesia secara virtual, pada hari Senin (12/12).

Kegiatan yang bertema “Penguatan Peran Pembinaan Mental Dalam Meningkatkan Ketaqwaan Kepada Tuhan Yang Maha Esa, Semangat Juang dan Etos Kerja Guna Mewujudkan Prajurit Jalasena Yang Unggul, Profesional, dan Bermental Tangguh”, materi Bintal Pembinaan Mental Terpadu Tahun 2022 ini langsung diberikan oleh Kadisbintalal Brigjen TNI (Mar) Sandy Muchjidin Latief, S.IP., dan juga ditampilkan beberapa materi tapping seperti, Materi Pembinaan Keluarga oleh Ny. Vero Yudo Margono (Ketua Umum Jalasenastri), Materi Motivasi Kejuangan oleh Mayjen TNI (Mar) Widodo Dwi Purwanto (Dankormar), Materi Menjaga dan Merawat Kelestarian Pancasila oleh Dr. Rima Agristina, S.H., S.E., M.M., (Deputi Pengendalian dan Evaluasi BPIP RI), Materi Moderasi Beragama oleh Prof. Dr. Oman Fathurrahman, M.Hum (Guru Besar UIN Syarif Hidayatullah Jakarta). Kegiatan Safari Bintal ini juga menghadirkan Narasumber, Dr Fitriyani, S.Kom., M.Si., Selaku Staff Ahli Bidang Kerjasama dan Pengembangan Organisasi Universitas Musamus dengan materi Model Pembinaan Mental Prajurit TNI AL dipandu Moderator Kolonel Laut (P) Hariono, S.H., M.Tr. Hanla (Dansatrol Lantamal XI).

Dalam sambutan Danlantamal Xl Brigjen TNI (Mar) Gatot Mardiyono, S.H menyampaikan “Setiap negara wajib membentengi dirinya dari pengaruh-pengaruh negatif negara lain, termasuk Indonesia. Ideologi setia bangsa tentunya disesuaikan dengan budaya dan karakter masyarakatnya. Oleh karena itu, pembinaan mental ideologi harus terus disosialisasikan, dalam rangka menjaga kedaulatan bangsa dan negara. Melalui kegiatan ini diharapkan kita bisa mendapatkan kesamaan cara pandang dalam melaksanakan pembinaan mental fungsi komando yang dapat diberlakukan di lingkungan KRI, Pangkalan dan Satuan Marinir. Dengan demikian, harapannya akan terbentuk prajurit yang religius, nasionalis, militan, harmonis, bermoral, memiliki semangat juang dan etos kerja yang baik serta tingkat kesiapsiagaan yang tinggi dalam menjalankan tugas guna mewujudkan Prajurit Jalasena Yang Profesional dan Bermental Tangguh”. Ungkap Danlantamal XI.

Hal senada, Kadisbintalal Brigjen TNI (Mar) Sandy Muchjidin Latief, S.IP. menyampaikan beberapa penekanan diantaranya “pertama, Marilah kita tingkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, kedua mari kita senantiasa loyal kepada TNI, TNI Angkatan Laut Bangsa dan Negara, ketiga mari kita tunduk dan patuh kepada aturan dan prosedur kedinasan TNI maupun TNI Angkatan Laut, keempat mari kita tingkatkan pemahaman dan implementasi dari mental dari 4 jurus, yakni Mental Rohani, Mental Ideologi Pancasila, Mental Tradisi Kejuangan Angkatan Laut dan juga Mental dan Bimbingan Konseling” kata Kadisbintalal.

Kegiatan safari bintal ini selaras dengan perintah Harian Kasal Laksamana TNI Yudo Margono yaitu Tingkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa sebagai landasan dalam pengabdian sebagai prajurit Jalasena yang memegang teguh nilai-nilai Sapta Marga, Sumpah Prajurit, Delapan wajib TNI dan Trisila TNI AL.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Pejabat Utama Lantamal XI, Para Kasatker, Para Perwira, Bintara, Tamtama Lantamal XI dan Yonmarhanlan XI, PNS Lantamal XI serta Ibu-Ibu Jalasenastri Korcab XI DJA III.

Fram
Dispen Lantamal XI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.