Tingkatkan Nilai Kejuangan dan Nasionalisme, Kodiklatal Laksanakan Upacara 17-an

Spread the love

Jurnalline.com, TNI AL. Kodiklatal.Surabaya, – Sebagai upaya meningkatkan nilai-nilai kejuangan dan nasionalisme Prajurit serta Pegawai Negeri Sipil (PNS), Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Kodiklatal) melaksanakan Upacara 17-an yang dipimpin oleh Wakil Komandan (Wadan) Kodiklatal Laksamana Muda TNI Rachmad Jayadi selaku Inspektur Upacara di Lapangan Laut Maluku Kodiklatal Bumimoro Surabaya, Senin (19/12).

Dalam kesempatan tersebut Wadan Kodiklatal membacakan amanat Komandan Kodiklatal Letnan Jenderal TNI Marinir Suhartono, yang mengungkapkan tentang loyalitas dan pengabdian Prajurit dan PNS Kodiklatal selama ini yang membuat kinerja Kodiklatal tidak pernah surut. Hal tersebut menurut Dankodiklatal adalah karakter yang telah tertanam dalam diri, tetapi tidak mudah mempertahankannya di tengah tantangan revolusi industri 4.0. yang membawa perubahan signifikan terhadap karakter masyarakat Indonesia saat ini.

“Namun saya yakin kita semua telah memiliki bekal untuk menjaga kesetiaan pada organisasi, profesi dan setia kepada bangsa dan negara. Salah satunya adalah dengan melaksanakan upacara bendera 17-an,” tegas Dankodiklatal.

Berikutnya Dankodiklatal memberikan sejumlah imbauan sebagai pedoman dalam melaksanakan tugas, antara lain tetap jaga sinergitas dan soliditas TNI-Polri melalui kebersamaan, kekompakan dan ikatan moral dalam menjaga dan menjamin stabilitas keamanan serta keutuhan NKRI. Kemudian kepada para penyelenggara latihan dan tenaga pendidik, Dankodiklatal mengimbau secara tegas untuk meningkatkan profesionalisme di bidang masing-masing.

Sementara kepada Dankodik, Danpusdik serta Dansekolah agar meningkatkan jam komandan dengan ceramah tentang hukum, asusila dan bahaya narkoba. Serta kepada para Instruktur, orang nomor satu di Kodiklatal ini mengingatkan agar saat melaksanakan kegiatan lattek memperhatikan cuaca ekstrim yang melanda banyak daerah termasuk Jawa Timur supaya keamanan material dan personel terjaga dengan prinsip zero accident.

Turut hadir dalam upacara 17-an, Irkodiklatal Brigjen TNI (Mar) Amir Faisol, Kapokgadik Brigjen TNI (Mar) Ichwan Dargianto, Para Direktur, Dankodik, serta para komandan Pusdik maupun sekolah.

Fram
Dinas Penerangan Kodiklatal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.