Wadan Kodiklatal Hadiri Peringatan HUT Armada RI Tahun 2022

Spread the love

Jurnalline.com, TNI AL, Kodiklatal, Surabaya – Wakil Komandan (Wadan) Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI AL (Kodiklatal) Laksamana Muda TNI Rachmad Jayadi mewakili Dankodiklatal Letnan Jenderal TNI Marinir Suhartono menghadiri acara puncak peringatan Hari Armada Republik Indonesia sekaligus peresmian Markas Komando Armada I, di Mako Koarmada I Tanjungpinang, Kepri, Senin (05/12).

Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono mewakili Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono memimpin Upacara Hari Armada Tahun 2022 sekaligus meresmikan relokasi Mako Koarmada l ke Tanjungpinang yang sebelumnya bermarkas di Jakarta.

Peringatan Hari Armada yang mengusung tema, “Komando Armada Siap mengawal Samudera Nusantara untuk mendukung Indonesia pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat” ini juga dilaksanakan parade dan defile pasukan gabungan TNI – Polri, serta dimeriahkan demonstrasi aksi penanggulangan teror di laut oleh Satkopaska, Kolone Senapan Marinir, Atraksi Terjun Payung, Display Kapal Perang dan Kendaraan Tempur ( Ranpur) Marinir, Fly Pass Pesawat Udara TNI AL, Tari Kolosal serta Display Drum Band Gita Jala Taruna AAL.

Dalam sambutannya Wakasal Laksdya TNI Ahmadi Heri Purwono, S.E., M.M., Membacakan Amanat Kasal Laksamana TNI Yudo Margono menyampaikan, bahwa situasi dunia dan kawasan yang bergerak sangat dinamis mengharuskan TNI AL untuk terus membangun dan menata kekuatan agar dapat merespons setiap ancaman terhadap Kedaulatan Negara dan Keamanan Laut Nusantara secara cepat, tepat dan efektif. Penataan organisasi perlu dilakukan, baik validasi organisasi maupun relokasi, dengan prinsip keterpaduan dan efektifitas Komando Pengendali, serta penyebaran distribusi kekuatan.

Hal ini selaras dengan Geografi Indonesia yang menuntut kekuatan Armada RI di seluruh penjuru Nusantara, khususnya di Daerah-daerah Rawan dan Corong-corong strategis. Oleh karena itu, melalui pemindahan Mako Koarmada I dan Satuan Jajaran TNI AL akan meningkatkan mobilitas dan mempercepat waktu reaksi pengerahan kekuatan kapanpun dan dimanapun dibutuhkan.

“Kita semua patut merasa bangga, karena selama pengabdiannya, Koarmada RI telah tumbuh dan berkembang serta menunjukkan Jati Diri sebagai Elemen Utama Pertahanan Negara di Laut,” ujar Wakasal Laksdya Ahmadi Heri Purwono.

Berbagai kegiatan yang sudah dilaksanakan dalam rangkaian Hari Armada diantaranya adalah Ziarah ke Taman Makan Pahlawan, Pelaksanaan Donor Darah, Khitan Massal, Olahraga Bersama, Kirab prajurit TNI AL di Kota Tanjungpinang, serta Fleet Dinner yang menghadirkan petinggi TNI AL.

Fram
Dinas Penerangan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.