Dari Sekolah Rujukan SMPN1 Kawangkoan Siap Melangkah Ke Sekolah Penggerak

Spread the love

Jurnalline.com, Minahasa – Pada satu kesempatan saat kunjungannya di provinsi Sulawesi Utara waktu lalu,
Mendikbudristek RI Nadiem Makarim menyebut bahwa ujung tombak transformasi pendidikan adalah melalui Merdeka Belajar.

“Ujung tombak perubahan semuanya ada di tangan Bapak/Ibu bukan di tangan pemerintah, tapi sepenuhnya berada pada guru dan kepala sekolah,” ujar Mendikbudristek Nadiem

Dimana Program Guru Penggerak, adalah menjadikan guru sebagai pemimpin transformasi pendidikan, bermakna besar bagi daerah dan akan banyak melahirkan Inovasi dan Perubahan dalam dunia pendidikan yang ada.

Terkait hal ini Menurut Kepala Sekolah ( Kepsek ) SMP Negeri 1 Kawangkoan Kab.Minahasa Bpk. Ferry Frans Paisa, Jumat (13/1/2023) saat berdiskusi dengan wartawan mediajurnallineditcom memberi apresiasi akan hal ini.

Lanjut Paisa yang juga termasuk Guru Tenaga Praktik yang membimbing Guru Penggerak ini bahwa SMP Negeri 1 Kawangkoan sendiri, terkait dengan
Merdeka Belajar telah memulai UKMandiri Berubah.

SMPN 1 Kawangkoan juga merupakan sekolah perintis dan lagi berkembang. SK nya sudah ada kita tinggal menunggu pendampingan dan action secara penuh setelah nantinya dilaksanakan pembekalan dan pendampingan Guru kedepan.

Sementara itu Dalam hal Program Guru Penggerak (PGP), Sekolah Penggerak, dan Program Organisasi Penggerak (POP) akan dapat memberikan dampak dan manfaat ini akan berimbas/melebar ke sekolah sekolah lain.

Diketahui bahwa Tujuan Sekolah Penggerak beserta Manfaatnya Adalah untuk mewujudkan visi Pendidikan Indonesia dalam mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya Pelajar Pancasila.

Setidaknya, ada 5 keuntungan yang bisa didapatkan dengan menjalankan program ini, yaitu:
Peningkatan Kualitas Hasil Belajar,
Peningkatan Kemampuan Guru dan Kepala Sekolah,
Peningkatan Kecepatan Digitalisasi Sekolah,
Percepatan Perubahan Bagi Satuan Pendidikan Lainnya serta
Peningkatan Capaian Profil Pelajar Pancasila.

(IskandarEffendy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.