Ingatkan Makna Dari Pancasila, Amanat Babinsa Bantargebang Saat Pimpin Upacara Di SMP PGRI

Spread the love

Jurnalline.com, Kodam Jaya, Kota Bekasi – Dalam rangka pelaksanaan Army Go To school dan Sosialiasi Ideologi Pancasila kepada kalangan pemuda/pemudi di wilayah binaannya, Babinsa Kelurahan Bantargebang Koramil 05/Bantargebang Kodim 0507/Bekasi sambangi SMP PGRI Bantargebang Kota Bekasi, di Jl. Bantar Gebang Setu No.45, RT.003/RW.003, Bantargebang, Kec. Bantar Gebang, Kota Bekasi, Senin (20/2/2023).

Pada pelaksanaannya kegiatan Army Go To School di SMP PGRI di awali dengan pelaksanaan upacara Bendera yang di pimpin oleh Sertu Jon A.Sipayung selaku Pembina upacara. Hadir pula dalam kesempatan tersebut, Babinsa Bantargebang Serda Paino dan Serda Handi, Bimaspol Bantargebang, Drs .H.Dedi Suprihat ,M.Pd (Kepsek SMP PGRI Bantargebang), Ujang M.S,S.Kom, para guru SMP PGRI serta para peserta upacara siswa/siswi SMP PGRI.

Dalam kesempatan tersebut Sertu Jon A Sipayung selaku Pembina upacara mengatakan dalam amanatnya,

“Kita perlu memahami dengan upacara, banyak hal yang kita laksanakan, diantara nya: Pembacaan Pancasila, Pembacaan UUD dan Pengibaran Bendera Merah Putih”,ucapnya.

“Ternyata Dengan kegiatan upacara bendera ini, kita kembali di ingatkan makna dari Pancasila, dan pentingnya memahami sejarah negara ini yang memiliki dasar Pancasila”,

“Secara luas, makna Pancasila sebagai dasar negara adalah Pancasila digunakan sebagai dasar oleh negara dalam mengatur pemerintahan dan penyelenggaraan negara. Selain itu, arti Pancasila sebagai dasar negara juga dapat dimaknai dengan dijadikannya Pancasila sebagai pedoman dan prinsip dasar dalam kehidupan berbangsa dan bernegara”,

“Jadi, Pancasila bukan sekedar simbol, Bukan hanya kita ucapkan saja, akan tetapi harus kita wujudkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara”. Jelas Sertu Jon A Sipayung.

Di tempat lain Danramil 05 Bantargebang Kapten Inf Yos Hendri juga menyampaikan kepada media pendim bahwa Hal hal yang disampaikan oleh Babinsa Bantargebang saat menjadi Pembina upacara di SMP PGRI tadi pagi, perlu di resapi dan dilakukan sehingga dapat memberikan manfaat bagi kita, Bangsa dan Negara Indonesia yang kita Cintai dan Banggakan.

“Jadi, Ada beberapa Pesan yang bisa menjadi pedoman kita dalam kehidupan sehari-hari
Antara lain:
1. Jangan penah kita merugikan diri sendiri
2. Jangan pernah kita merugikan orang lain
3. Menjadi bermanfaat buat orang lain
4. Menjadi bermanfaat buat bangsa dan negara.

“Semoga para siswa/siswi SMP PGRI yang mendapatkan arahan dan binaan dalam Army Go To School oleh para Babinsa dapat mengimplementasikan dalam kegiatan belajarnya dengan cara mengikuti apa yang disampaikan oleh para guru pengajarnya, sehingga mereka tetap Fokus pada tujuan atau cita-citanya dan kelak mereka bisa manjadi orang berhasil dan Sukses”,tutupnya

Sumber Kodim 0507/Bekasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.