Kasal : TNI AL Siap Respon Cepat Siaga Bencana Alam

Spread the love

Jalesveva Jayamahe

Jurnalline.com, Jakarta, – Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali menjelaskan strategi TNI AL dalam menanggulangi bencana alam pada Rapat Pimpinan (Rapim) TNI AL 2023 di Auditorium Denma Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur, Senin (13/02).

Kasal dihadapan awak media menjelaskan bahwa TNI AL akan terus melaksanakan Operasi Militer Selain Perang (OMSP) serta bekerjasama dengan pemerintah daerah maupun pemerintah pusat, salah satunya dalam penanggulangan bencana alam yang bisa saja terjadi kapanpun. “Kalau perang itu masih mungkin tapi kalau bencana alam itu hampir pasti, tiap tahun pasti terjadi bencana”, ujarnya.

Menurut Kasal Pasukan Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (PRCPB) dan kapal-kapal seperti kapal rumah sakit selalu siap siaga untuk memberikan bantuan sosial maupun bantuan kesehatan kepada masyarakat.

Selain itu masalah cuaca juga menjadi fokus penting dalam penanggulangan ini. TNI AL bekerja sama dengan BMKG selalu memberikan himbauan kepada masyarakat untuk lebih berhati-hati saat memasuki musim pancaroba.

“Kita akan terus melaksanakan OMSP, kita bekerjasama dengan pemerintah daerah maupun pemerintah pusat terkait masalah kemungkinan terjadinya bencana, untuk itu kita selalu stand by pasukan reaksi cepat penanggulangan bencana dan kita siapkan kapal-kapal terkait”, tegas Laksamana TNI Muhammad Ali.

Fram
Dinas Penerangan Angkatan Laut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.