Siswa Dikmaba TNI AL Angkatan XLII Gelombang 2 TA. 2022 Latihan Peknubika

Spread the love

Jurnalline.com, TNI AL. Kodiklatal. Surabaya – Siswa Pendidikan Pertama Bintara (Dikmaba) TNI Angkatan Laut Angkatan XLII/2 TA 2022 melaksanakan latihan praktek (Lattek) Peknubika atau Penyelamatan Kapal, Nuklir, Biologi dan Bahan Kimia di Puspeknubika Kodiklatal Surabaya, Rabu (1/2 /2023)

Latihan Peknubika ini adalah salah satu lattek yang harus dilaksanakan oleh Siswa Dikmaba TNI Angkatan Laut Angkatan XLII/2 TA 2022 pada tahap Pendidikan Dasar Golongan (Diksargol), Latihan Peknubika ini juga merupakan aplikasi dari teori Peknubika yang diberikan saat mereka pelajaran di kelas.

Kegiatan lattek diawali dengan teori dasar terjadinya kebakaran, selanjutnya siswa dikenalkan dengan alat-alat pemadam api dan bagaimana penggunaan alat-alat tersebut. Pada kegiatan praktek, siswa dikenalkan bagaimana cara menanggulangi kebocoran yang terjadi pada sebuah kapal, cara menanggulangi bahaya api besar dan api kecil.

Terpisah Danpuslatdiksarmil Kolonel Laut (P) Irwan S.P. Siagian menyampaikan bahwa dengan memahami dan menguasai materi-materi dasar Peknubika tersebut nantinya akan dapat menambah dan meningkatkan kemampuan Prajurit dalam hal penyelamatan kapal. Karena kondisi kebakaran baik di pangkalan maupun di kapal dan kebocoran di kapal perang dapat terjadi sewaktu-waktu pada saat mereka bertugas.

Diselenggarakannya lattek ini lanjut Danpuslatdiksarmil, adalah sebagai langkah nyata Puslatdiksarmil untuk berupaya mencetak Prajurit matra laut yang unggul, profesional dan modern. Sebab kedepan para siswa akan dihadapkan pada tugas-tugas yang semakin berat dan dinamis seiring dengan perkembangan dinamika dan juga perkembangan teknologi.

Fram
Dinas Penerangan Kodiklatal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE