Tradisi Sakral Jelang Penugasan, Yonif Mekanis 320 Kostrad Siap Tugas Negara

Spread the love

Jurnalline.com, Jakarta – Komandan Yonif Mekanis 320/Badak Putih Letkol Inf Andika Suseno, S.I.P dan Wakil Komandan Yonif Mekanis 320/Badak Putih Mayor Inf Febriyanto T.D beserta seluruh Prajurit yang ikut Satgas Yonmek TNI Konga Unifil XXIII-Q melaksanakan tradisi satuan.

Adapun kegiatan tradisi yang dilaksanakan sebelum berangkat tugas yaitu :
1. Ziarah keliling Banten (Serang-Pandeglang) yang bermakna/Filosofinya : Mengenang Perjuangan Sultan Maulana Hasanudin, Sultan Maulana Yusuf, Sultan Ageng Tirtayasa, dll dalam melawan penjajahan Belanda di tanah Banten.

2. Ziarah ke Kubangan Badak (Cianjur) bermakna/Filosofinya : kubangan Badak merupakan petilasan dari Syech Abdul Gofur saat melawan penduduk pribumi ketika menyebarkan agama islam di daerah Cianjur, sehingga nama badak dijadikan nama satuan 320.

3. Naik Gunung Karang (Kaduengang) bermakna/Filosofinya : mengenang para prajurit tentara dalam melawan penjajah dan gunung karang dijadikan sebagai markasnya para prajurit, di puncak gunung karang juga terdapat tujuh mata air dengan filosofinya tujuh lubang nafsu di kepala yang harus dikendalikan.

Akhir acara tradisi satuan Yonif Mekanis 320/Badak Putih di tutup dengan upacara pengambilan mata air sumur tujuh di atas puncak gunung karang.

Alex
Penkostrad

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.