Jelang Launching Ini Penyampaian Kadis PMD Arthur Palilingan

Spread the love

Jurnalline.com, minahasa – Hingga memasuki pertengahan bulan Maret 2023, baru 42 desa dari 227 desa tersebar di 25 kecamatan di Kabupaten Minahasa, yang rampung menyusun Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes) tahun 2023, dan sudah memasukkan ke Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa.

Hal ini diungkap Kepala Dinas PMD Minanasa, Drs Arthur Palilingan, Rabu (15/3/2023) kepada awak media.

Menurutnya, baru 42 desa ini yang akan disertakan dalam Launching Dana Desa (DD), dan Anggaran Dana Desa (ADD) tahun 2023.

Adapun agenda pelaksanaan Launching nanti akan dilaksanakan di tempat wisata Camp James, Desa Sinuian Kecamatan Remboken, kab.Minahasa.
“Yang sudah memasukkan laporan pertanggung jawaban ada sekitar 94 desa, namun yang akan dilaunching nanti suda42 desa, sebab baru 42 desa ini yang sudah rampung menyusun APBDes 2023dan dimasukkan ke Dinas PMD,” tukasnya

Dengan demikian pasca launching, ada 42 desa sudah bisa langsung mengusulkan pencairan DD maupun ADD tahap satu tahun2023.

“sekitar 42 desa ini sudah mengusulkan pencairan dan akan segera dicairkan, namun Kami tetap mengingatkan kepada desa-desa yang belum memasukan laporan pertanggung jawaban dan APBDes 2023, agar segera memasukan ke Dinas PMD, dan kami masih beri kesempatan hingga pekan depan,” tandasnya.

Disisi lain, Palilingan mengakui bahwa, penyusunan APBDes 2023 oleh masing-masing desa ada mengalami keterlambatan dikarenakan terkendala pada evaluasi desain draf / estimasi penganggaran pada proyek fisik di masing-masing desa.

“Diketahui bahwa Desain draf setiap desa lanjut di evaluasi Dinas PUPR, sehingga mereka harus menyelesaikan penganggaran proyek atau menghitung satuan harga semua kegiatan sepanjang tahun 2023, yang nantinya di susun dalam APBDes,” pungkasnya

(IskandarEffendy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.