Wabup RD Ajak FKUB Minahasa Perkuat Toleransi Umat Beragama

Spread the love

Jurnalline.com, Minahasa – Wakil Bupati Minahasa, Dr (Hc) Robby Dondokambey SSi MM MAP (RD) mengajak Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), untuk memperkuat moderasi kerukunan beragama.

Dengan demikian semua permasalahan dapat diantisipasi sedini mungkin, dalam rangka kelancaran pelaksanaan ibadah puasa bulan suci ramadan 1444Hijiriyah tahun 2023.

Hal itu disampaikan Wabup RD saat memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) FKUB Kabupaten Minahasa, yang dilaksanakan di GMIM Torsina Kembes, Kecamatan Tombulu, Jumat (24/3/2023).

Penguatan moderasi beragama, kata RD, adalah amanah dari Presiden Republik Indonesia, Ir Joko Widodo, dalam rencana program jangka menengah nasional di tahun 2024.

“Ini merupakan tugas bersama antara pemerintah, tokoh agama dan tokoh masyarakat. Sehingga sinergitas tersebut akan menciptakan keamanan dan kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Menurut Dondokambey, banyak media untuk kerukunan di desa, karena masih terdapat tradisi yang sifatnya gotong royong maupun kebersamaan tanpa melihat perbedaan agama, ras, suku maupun budaya.

Dengan demikian semua permasalahan dapat diantisipasi sedini mungkin, dalam rangka kelancaran pelaksanaan ibadah puasa bulan suci ramadan 1444Hijiriyah tahun 2023.

“Saya berharap, kita terus dapat dan saling berkoordinasi meningkatkan kerja sama antara Forkopimda dan FKUB serta unsur masyarakat dalam mencegah segala bentuk ancaman Kamtramtibmas yang akan terjadi, agar dapat selalu terjaga dan kondusif,” ujar Wabup RD yang juga ketua DPC PDIP kab.Minahasa

“Menurut RD jika empat indikator moderasi beragama yaitu toleransi, anti kekerasan, penerimaan terhadap tradisi dan komitmen kebangsaan sudah ada kepada masyarakat, maka kerukunan umat beragama di Kabupaten Minahasa akan menjadi tolak ukur bagi daerah lain,” kuncinya.

Turut hadir hadir Sekda Minahas, Dr Lynda Watania SE MSi, Asisten Pemerintahan dan Kesra, Drs Riviva Maringka MSi, Kaban Kesbangpol, Ir Yanny Moniung, Kabag Kesra, Pdt Dr Giovanny Rorora MPdk, Camat Tombulu, Shanty Lengkong SSTP serta para Pengurus FKUB Minahasa.

(IskandarEffendy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.