PHBI Pleret Gelar Sholat ‘Idul Fitri 1444 H Di Lapangan Sulatan Agung Pleret Bantul

Spread the love

Jurnalline.com, Bantul –
Masyarakat Pleret Bantul berduyun-duyun menghadiri Sholat ‘Idul Fitri 1444 H yang digelar oleh Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Pleret,(21/04/24) di Lapangan Sultan Agung Pleret di ikuti kurang lebih 4000 kaum muslimim dan muslimat dengan khotib Ust. Dr.H Sukirman,M.Pd dari Cabang Muhammadiyah Pleret.

Sebelum pelaksanaan sholat ‘Idul Fitri di mulai, Ketua PHBI Pleret Tri Nuryono, S.Pd menyampaikan laporannya kepada para jama’ah bahwa hasil pengumpulan zakat fitrah dan zakat mal dari 15 masjid di sekitar Pleret mencapai 28.430.2 kg beras dan Rp.88.177.700,-

Disamping itu juga dibacakan hasil Festival Takbir ‘Idul Fitri1444 H , meliputi 8 kriteria meliputi Kejuaraan Maskot keluar sebagai juara 1 kelompok masjid Al-Muhtadin Gunungkelir, 2 Al-Qodro Pungkuran dan 3 Baiturrachman Trayeman. Kejuaraan Lampion , juara 1 Al-Qodro Pungkuran Barat, 2 Taqorrub Kanggotan dan 3 At-Taqwa Pungkuran Timur. Kejuaraan Musik keluar sebagai juara 1 Al-Muhtadin Gunungkelir, 2 Sultan Agung Keputren, 3 Ataqwa Pungkuran Timur. Kejuaraan Alunan Takbir juara 1 Al- Muhtadin Gunungkelir, 2 Ar-Rahmat Tambalan, 3 At-Taqwa Pungkuran Timur. Kejuaraan Kostum juara 1 Taqorrub Kanggotan Kidul, 2 Ar-Rahmat Tambalan, 3 Al-Qodro Pungkuran Barat. Kejuaraan Display/ Barisan sebagai juara 1 Al- Muhtadin Gunung Kelir, 2 Ar-Rahmat Tambalan, 3 At-Taqwa Pungkuran Timur. Sebagai juara umum 1 di raih masjid Al- Muhtadin Gunungkelir, juara umum 2 Masjid Ar-Rahmat Tambalan dan juara umum 3 Masjid At-Taqwa Pungkuran Timur. Serta juara partisipasi jama’ah terdiri dari 1-7 dengan urutan sebagai berikut : Masjid Taqorrub, Ar-Rahmat, At-Taqwa, Al- Muhtadin, Al-Qodro, Baiturrahman dan Sultan Agung.

Ust. Dr.H Sukirman,M.Pd dalam khutbahnya mengajak untuk : “ meningkatkan ketaqwaan kepada Allah lahir batin sehingga kita mendapat ridho Allah SWT, setelah kurang lebih 2 tahun kita hari raya dalam keadaan pandemi covid-19, Alhamdulillah saat ini kita ‘Idul fitri dalam keadan baik namun kita tetap waspada”tuturnya.

Sesudah kita menjalankan puasa Ramadhan 1 bulan lamanya, shalat taraweh dan sholat witir pada malam harinya, tadarus Alqur’an serta ibadah lainnya dengan harapan semua di terima Allah SWT. Sebagai akhir khutbahnya Dr. Sukirman menambahkan bahwa Ibadah puasa Ramadhan dapat disempurnakan dengan mengeluarkan zakat fitrah yang di berikan kepada fakir miskin.

(Fram/dar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.