Seba Baduy 2023, Pj Gubernur Banten Al Muktabar Terima Laksa, Simbol Penghormatan dan Silaturahmi

Spread the love

Jurnalline.com, Serang – Penjabat (Pj) Gubernur Banten menerima makanan khas dari masyarakat adat Baduy berupa Laksa dari Jaro Tanggungan 12 Saidi Putra saat melakukan Seba di Gedung Negara Provinsi Banten Jl. Brigjen KH Syam’un No. 5 Kota Serang. Sabtu (29/4/23) malam.

Laksa sebuah makanan yang diolah dari padi pilihan. Secara adat, proses pembuatan dilakukan setelah berpuasa selama tiga bulan atau disebut dengan puasa kawalu.

Laksa merupakan simbol penghormatan serta mempererat tali silaturahmi dari masyarakat adat Baduy kepada Bapak Gede (Pj Gubernur Banten).

Dalam kesempatan itu, Al Muktabar menerima pesan dan permintaan yang telah disampaikan masyarakat adat Baduy melalui Jaro Tanggungan 12 dan Jaro Pamarentah yang salah satunya dapat menjaga alam serta memelihara kelestarian hutan.

“Tadi saudara-saudara kita telah sampaikan baik dari Jaro Pamarentah maupun dari Jaro Tanggungan 12 dan segenap seluruh masyarakat adat Baduy. Bagian dari apa yang disampaikan tadi adalah menjaga alam yang ada di Baduy,” ungkapnya.

“Dan tentu itu menjadi tugas kita bersama bahwa kita telah menerbitkan Perda Desa Adat sebagai perlindungan terhadap masyarakat Baduy dan pemanfaatan sumber daya alam karena di lingkungan Baduy itu dikelola dengan cara bersahabat dengan alam. Kita akan melakukan bersama apa yang menjadi tujuan bersama itu,” sambungnya.

Di lokasi yang sama, Jaro Tanggungan 12 Saidi Putra mengungkapkan apa yang sampaikan pada prosesi Seba Baduy ini di antaranya pelestarian alam, persatuan dan kesatuan bangsa untuk dapat dilakukan bersama-sama antara masyarakat Baduy dan Pemerintah Provinsi Banten.

“Pelestarian, persatuan dan kesatuan itu saja yang saya pinta. Mudah-mudahan kalau bahasa Sunda disebut eling-eling supaya semua ingat bangsa negara dan agama,” ungkapnya.

“Itulah yang saya harap jangan sampai sia-sia. Baduy dan Pemerintah Provinsi Banten dapat bekerjasama karena dari kita untuk kita harus dijaga supaya ada keseimbangan segala hal jangan sampai terjadi apapun yang tidak kita harapkan,” tambahnya.

Fram

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.